Gunung Ruang Waspada Setelah 13 Tahun Tak Meletus

Gunung Ruang
Sumber :
  • volcosquad

VIVA.co.id - Aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara mengalami peningkatan.

Bahkan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah meningkat status gunung api dari normal ke waspada.

Dalam situs resmi PVMBG dikatakan, Gunung Ruang ditingkatkan statusnya karena dalam beberapa hari terakhir terekam gempa-gempa jenis Vulkanik Dalam (VA), gempa Vulkanik Dangkal (VB), dan gempa Hembusan.

"PVMBG resmi meningkatkan status Gunung Ruang pada Kamis 12 Maret 2015," seperti tertulis dalam situs resmi Kementerian ESDM itu, Sabtu 14 Maret 2015.

Gunung Ruang adalah gunung gunungapi strato dengan kubah lava yang terletak pada posisi geografis pada koordinat  2°18’00 lintang utara (LU) dan 125°22’00” bujur timur (BT).

Gunung Ruang tertidur pulas selama 13 tahun, sebab terakhir kali gunung itu meletus pada 25 September 2002 dan bersifat eksplosif dengan ketinggian kolom letusan mencapai 20 kilometer yang disertai dengan aliran awan panas utamanya ke arah tenggara.

Saat ini, petugas dari PVMBG melakukan pemantauan lebih intensif atas semua aktivitas gunung itu dari pos pengamatan Gunung Ruang yang berada di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang


![vivamore="Baca Juga :"]




Erupsi Gamalama Berlanjut, Penumpang Tertahan di Bandara
[/vivamore]
Penampakan abu vulkanik Gunung Dukono di Halmahera Utara, Maluku Utara, Kamis (11/8/2016). Abu vulkanik menyebabkan 12 desa terpapar.

Erupsi Gunung Dukono, 12 Desa Terpapar Abu Vulkanik

Warga setempat mengeluhkan kekurangan masker pelindung.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016