Musim Panen Tiba, Desa Diingatkan Buat Lumbung Pangan

Petani Organik Toba Samosir
Sumber :
  • ANTARA/Septianda Perdana
VIVA.co.id
Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen
- Bulan ini desa-desa penghasil padi mulai memasuki musim panen. Masyarakat perdesaan diingatkan agar memanfaatkan hasil panennya untuk memperkuat stok beras desa melalui lumbung pangan desa.

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan

Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Marwan Jafar, lumbung pangan desa berfungsi sebagai cadangan pangan desa untuk mengatasi masa paceklik.
Alasan Mentan Curiga Ada Mafia Beras


“Jadi bisa ikut membantu Pemerintah mengatasi kekurangan pasokan beras yang menyebabkan harga beras melambung naik," kata Marwan dalam keterangan persnya, Minggu 15 Maret 2015.


Menurutnya, lumbung pangan desa harus dikembangkan menjadi lembaga usaha desa berbasis pangan yang dibentuk dan dikelola oleh desa. Terutama yang bergerak di bidang penyimpanan, pendistribusian, pengolahan dan perdagangan beras dan bahan pangan pokok lainnya.


“Karena untuk menuju desa mandiri, salah satunya dalah desa harus mampu memenuhi kebutuhan pangannya,” ujarnya.


Upaya pemenuhan kebutuhan pangan itu, kata Marwan, dapat dilakukan secara sistematis oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pangan. Menurutnya, BUMDes pangan inilah yang akan menjalankan berbagai kegiatan mulai dari pra panen sampai dengan pasca panen.


"Termasuk di dalamnya adalah pengadaan gudang lumbung pangan, lantai jemur gabah, sarana produksi pertanian, sarana pengolahan hasil panen semacam gilingan padi, kios beras dan sebagainya," ujarnya.


Menurutnya, pembentukan BUMDes pangan dapat dibiayai dari Dana Desa yang akan mulai turun bulan April nanti.


"Tentunya setelah diputuskan oleh pemerintah desa bersama masyarakat dalam suatu musyawarah desa, yang menyetujui pengembangan lumbung pangan desa menjadi Badan Usaha Milik Desa di bidang pangan," ujar Politisi PKB itu. (ren)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya