Pesawat Jatuh di Malaysia, Empat Pilot TNI Cuma Luka Gores

Pesawat KT-1B Wong Bee Jupiter Aerobatic Team milik TNI AU
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVA.co.id -
KNKT Selidiki Pesawat Wings Air Tabrakan di Kupang
Empat pilot tim aerobatik Jupiter dari TNI Angkatan Udara dalam kondisi baik meski dua pesawat yang mereka terbangkan bersenggolan di udara dan jatuh. Ini terjadi saat melakukan gladi bersih dalam ajang pameran Langkawi International Maritime dan Aerospace (LIMA) 2015 di Malaysia.

Ada Bahaya Tersembunyi di Bandara Halim?

"Selamat setelah memutuskan untuk terjun dengan menggunakan parasut," kata Dubes RI di Malaysia, Herman Prayitno, Minggu 15 Maret 2015.
Tabrakan di Halim, Batik Air Klaim Sudah Sesuai Prosedur


Berkaitan dengan insiden ini, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dan Menhan Malaysia, telah melihat langsung kondisi empat pilot TNI AU itu.


"Mereka ada di rumah sakit di Langkawai, dalam kondisi sehat, tidak ada luka besar, hanya tergores. Mereka juga dikunjungi menteri pertahanan Malaysia," ujar Herman.

TNI Angkatan Udara belum memastikan apakah tim aerobatik mereka, Jupiter Aerobatic Team (JAT), akan tetap beraksi dalam ajang pameran Langkawi International Maritime dan Aerospace (LIMA) 2015 di Malaysia, setelah insiden senggolah dua pesawat saat sesi latihan siang tadi, Minggu 15 Maret 2015.

"Tim Jupiter sudah dua kali ikut kegiatan ini. Tentu nanti Panglima dan Menhan yang akan mengambil kebijakan. Apakah akan lanjut atau tidak," ujar lanjut Herman.

Sementara menurut Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto, hari ini TNI AU menerbangkan enam pesawat dalam sesi latihan terakhir atau gladi bersih. Apakah tim Jupiter tidak akan melanjutkan aksinya besok, Hadi Tjahjanto belum mau memastikan.

"Hari ini kita tidak lanjutkan, apakah besok akan melakukan (manuver), besok akan ada putusan dari pimpinan. Empat pilot masih istirahat untuk menenangkan pikiran, tapi kondisi fisik mereka baik," ujar Hadi. (ren)

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya