Tedjo: Indonesia Tetap Ikut Eksibisi Aerobatik di Malaysia

Tim Jupiters Menuju Malaysia
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdjiatno menyatakan, Indonesia tetap ikut dalam Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exibition 2015. Insiden jatuhnya pesawat aerobatik milik TNI Angkatan Udara pada Minggu 15 Maret 2015 kemarin tak akan menganggu keikutsertaan Indonesia dalam ajang tersebut.

Ada Bahaya Tersembunyi di Bandara Halim?

"Penanganan kepada pilot sudah dilakukan, untuk pilotnya bisa diganti kalau memang mengalami cedera serius. Lagian Tim Jupiter juga banyak jumlahnya," ujar Tedjo saat ditemui usai seminar Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas Republik Indonesia angkatan '49 di Jakarta Pusat, Senin, 16 Maret 2015.

Sebelumnya, dua pesawat Woong Bee KT-1B mengalami kecelakaan, saat sesi latihan sebelum digelarnya kegiatan LIMA di Langkawi Malaysia pada pukul 14.00 waktu setempat.

Tabrakan di Halim, Batik Air Klaim Sudah Sesuai Prosedur

Empat pilot Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang mengemudikan dua pesawat Wong Bee KT-18 tersebut dilaporkan selamat.

Dugaan sementara, kecelakaan terjadi karena sayap dua pesawat itu bersenggolan di udara, kemudian meluncur ke darat. Beruntung, pilot bisa keluar dari pesawat dengan menggunakan kursi pelontar. 

KNKT Siap Bongkar Kotak Hitam Dua Pesawat Tabrakan

Baca juga:

Pesawat Wings Air mendarat darurat di Berau, Kalimantan Utara, Selasa, 29 Maret 2016.

KNKT Selidiki Pesawat Wings Air Tabrakan di Kupang

Wings Air menabrak taxiway hingga menyebabkan robek di ekornya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016