Pria Ini Habiskan Puluhan Juta untuk Uang Kertas Kuno

Eko Nur Cahyadi kolektor uang kertas kuno
Sumber :
  • VIVA / Wawan tvOne
VIVA.co.id
7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri
- Berbagai cara dilakukan orang untuk menyalurkan hobinya, walaupun untuk hobi tersebut orang harus merogoh kocek dalam-dalam. Itu pula yang dilakukan Eko Nur Cahyadi dalam mengoleksi uang kertas kuno.

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Eko hobi mengumpulkan uang kertas kuno sejak masih sekolah. Saat ini koleksi mata uang kertas miliknya sudah berjumlah lebih dari 500 lembar. Uniknya, uang kertas itu ada yang beredar sebelum pemerintahan Indonesia terbentuk dan sudah terbentuk.
7 Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Membuat Wisatawan Bingung


Semua uang kertas yang dikoleksi Eko merupakan mata uang kertas resmi dan sah yang dicetak oleh pemerintah Indonesia sebagai alat transaksi saat itu.

Bapak dua anak ini menata rapi setiap uang koleksinya di rumahnya yang beralamat di Jalan Kejayan No 49, Tamanwinangun, Kebumen, Jawa Tengah. Tiap-tiap uang kuno ini dilapisi plastik dan ditaruhnya di dalam bingkai. 

 

Eko mengaku sudah menekuni hobi mengoleksi uang-uang kuno sejak masih duduk di bangku SMA. Berawal dari kesukaannya pada gambar dan seni lukis yang ada pada uang, Eko mengumpulkan satu persatu mata uang kertas, khususnya uang kertas Indonesia.


Sudah lebih dari 500 lembar uang kertas Indonesia yang berhasil dia kumpulkan. Mulai dari jaman pergerakan, kemerdekaan dan yang paling tua adalah uang kertas zaman kependudukan Belanda dan Jepang di Indonesia.


"Pada saat itu pemerintahan Indonesia belum terbentuk," kata Eko saat ditemui di kediamannya, Selasa, 17 Maret 2015.


Kolektor uang kerta kuno

 

Selain tertarik karena gambar dan seni lukis yang ada pada uang kertas, kegemaran Eko mengumpulkan uang kertas kuno ini juga didasarkan pada pemikiran bahwa nilai seni yang ada pada lembaran-lembaran uang ini merupakan tapak sejarah bangsa.


"Ini tidak bisa dilupakan oleh rakyat Indonesia. Seluruhnya ini adalah uang kertas yang sah, yang dulu digunakan sebagai alat transaksi jual beli," ujarnya.

 

Menurut Eko, uang kertas kuno paling mahal adalah uang kertas cetakan Republik Indonesia Serikat (RIS), serta uang kertas seri wayang cetakan Belanda dan Jepang untuk Indonesia. Di pasaran, uang kertas kuno seri ini bisa menembus harga Rp3-6 juta per lembarnya.


"Semakin tua dan langka uang kertasnya, makin mahal," ucapnya.


Koleksi uang kertas miliknya ini didapatkan dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Yogyakarta, Solo, Jakarta, Bandung dan berbagai daerah lainnya. Ada juga yang dia peroleh melalui internet.


Untuk mengumpulkan hobinya itu, Eko mengaku sudah menggeluarkan uang puluhan juta rupiah. Ratusan uang kertas koleksinya itu didapat dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga Rp15 ribu hingga Rp4 juta per lembarnya.

 

Ke depannya, suami Sulityaning Purnama Rini ini memiliki obsesi ingin mendirikan sebuah galeri uang kuno. Nantinya orang dapat melihat sejarah bangsa Indonesia, khususnya dilihat dari perkembangan mata uangnya dari masa ke masa.


Wahyu Kurniawan / tvOne Kebumen

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya