BNPT-MUI Intensifkan Program Tangkal Terorisme

Aksi Teatrikal Tolak ISIS di Bundaran HI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
UEA: Teroris Sebarkan Radikalisme Lewat Video Game
- Gencarnya pengaruh ISIS dan paham radikal terorisme lainnya

Ketakutan Paris Hilton Jadi Target ISIS
di Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melibatkan ulama dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memberi wawasan keislaman yang benar dengan ajaran Islam rahmatan lil alamin
Dokumen Rahasia ISIS Bocor ke Publik
.

“Pelibatan ulama dalam program BNPT sebenarnya sudah lama, dan tahun ini kami ingin ada kerja sama yang komprehensif dengan kerja sama dengan MUI dalam hal pencehgahan terorisme,” kata Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Agus Surya Bakti, dalam keterangan persnya, Selasa 17 Maret 2015.


Kegiatan yang akan mereka lakukan antara lain penguatan lembaga pendidikan dan keagamaan, kegiatan anti radikal kepada pengurus pesantren, santri, penguatan kapasitas imam masjid dan khatib, training of trainer kepada ta’mir serta pelatihan manajemen pengurus ibadah dewan masjid.


Kerjasama BNPT dan MUI akan dimulai tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Kerja sama ini diharapkan dapat menangkal paham radikal terorisme dengan pendekatan keagamaan.


Ketua MUI Slamet Effendi Yusuf mengatakan, MUI menyadari kurang mendapatkan informasi dari fenomena terorisme dan sejauh mana gerakan paham radikal itu telah berjalan. "Kami hanya banyak mengetahui dari media massa. Karena itulah ini sangat membantu kami mendapatkan informasi agar program dan kegiatan keagamaan kami bisa lebih maksimal dalam pencegahan radikalisme,” katanya.


Menurutnya, pelibatan ulama dalam mencegah terorisme menurutnya, sangat penting untuk  memberi pencerahan keagamaan yang moderat bagi masyarakat di tengah semakin menjamurnya paham radikal akhir-akhir ini.


BNPT dan MUI bersepakat bahwa paham radikal merupakan induk dari tindakan terorisme. Karena itulah, pelibatan ulama dalam menangkal paham radikal dengan memberikan pencerahan keagamaan menjadi penting.


Penyebaran paham radikal terorisme saat ini sangat marak dan efektif dilakukan di dunia maya. Anak remaja menjadi sasaran utama dari berbagai situs dan media sosial kelompok radikal. Karenanya tahun ini BNPT telah mencanangkan Program Nasional “tahun damai di dunia” dengan melibatkan seluruh pihak, terutama juga dari para tokoh agama dan ulama.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya