Polisi: Belum Ada Indikasi ISIS di Umrah Gratis Warga Mesuji

Aksi Teatrikal Tolak ISIS di Bundaran HI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Kepolisian Sektor Singosari Kota Malang, masih terus mendalami motif perekrutan ratusan warga Mesuji Lampung untuk umrah gratis ke Tanah Suci. Sejauh ini, belum ada indikasi keterkaitan antara peserta umrah ini dengan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria atau ISIS.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

"Kami belum menemukan indikasi adanya keterlibatan ISIS. Sejauh ini kami terus akan berkoordinasi dengan Polres Mesuji, Lampung, karena perekrutan awal berlangsung di sana,” ujar Kapolsek Singosari Kompol Decky Hermansyah, Selasa 17 Maret 2015.

Dari pemeriksaan, diketahui rombongan jemaah yang berjumlah 257 orang ini direkrut oleh seorang perempuan bernama Ningsih asal Kremil Surabaya, Jawa Timur dan Agus Santoso asal Yosowilangun Lumajang.

Kedua oknum yang menjadi perekrut para jemaah ini, kini masih terus menjalani pemeriksaan. Latar belakang keduanya juga masih ditelusuri.

Begitu pun dengan metode perekrutan mereka, masih terus didalami. Menurut Hermansyah, dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa rombongan jemaah ini diinapkan di sejumlah hotel di Kota Malang sejak Desember 2014.

Rombongan ini pun mendapatkan pembekalan berupa pelatihan mental dan kemandirian oleh penyelenggara. "Tujuannya untuk bekal saat umrah gratis nanti,” kata Hermansyah.

Terungkap juga, jika ratusan warga Mesuji ini sudah melewati Jawa Tengah dan Surabaya sebelum akhirnya tiba di Kota Malang. "Di Malang, Ningsih menyerahkan jemaah ke Agus ini. Dia mengaku, menyediakan umrah gratis karena nazar dari ayah mertuanya,” ujar Hermansyah.

Baca Juga
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai
:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya