Tunggu Dipulangkan, Nelayan Asing Bercocok Tanam

Sayur mayur hasil tanaman ABK kapal asing di Batam, Rabu (18/3/2015)
Sumber :
VIVA.co.id
Menteri Susi Pergoki Kapal Asing 'Ganti Baju' di Benoa
- Puluhan nelayan asing asal Vietnam dan Thailand yang tertangkap bersama kapal mereka di perairan Batam, masih tertahan di kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam.

Kapal Ikan Asing Pencuri Ikan Tak Jera Masuk Laut Indonesia

Sembari menunggu proses pemulangan, puluhan Anak Buah Kapal (ABK) ini mengisi waktu dengan bertanam sayuran di sekitar kantor PSDKP Batam di Pulau Setokok Jembatan II Barelang.

"Kami nggak menyuruh mereka (bertanam). Tapi itu inisiatif mereka sendiri, sembari menunggu proses pemulangan," ujar Kepala PSDKP Batam Akhmadon, Rabu, 18 Maret 2015.

Dari pantauan VIVA.co.id, puluhan ABK ini terlihat telaten dan serius saat membersihkan tanaman sayur hasil cocok tanamnya. Seluruh aktivitas mulai dari menyiram, mencangkul tanah hingga menyiangi tanaman dilakukan bersama-sama.

Cukup banyak ragam jenis sayuran yang mereka tanam. Di antaranya jagung, ubi jalar, sayur-mayur, kacang panjang, mangga dan pisang.

"Mereka juga membuat kolam ikan air tawar yang berisi ikan nila. Beberapa dari ABK ini bahkan sudah ada yang menikmati hasil tanam mereka," kata Akhamadon.

![vivamore="
Begini Cara Wali Kota Risma Percantik Kampung Nelayan
Baca Juga :"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya