Warganya Tergiur Umrah Gratis, Wabup Mesuji Akui Kecolongan

Mudik 2011
Sumber :
  • ANTARA/ Reno Esnir

VIVA.co.id - Puluhan warga Mesuji, Lampung, yang dijanjikan akan berangkat umrah gratis, akhirnya tiba di kampung halamannya, Rabu, 18 Maret 2015.

Korban Umrah Gratis Dijanjikan Rp12 Juta untuk Ongkos Pulang

Lebih dari satu bulan, mereka meninggalkan rumah karena diimingi-imingi seorang pengusaha asal Malang untuk umrah gratis.

Wakil Bupati Mesuji, Ismail Ishak, mengaku kecolongan dengan kejadian ini. Pasalnya, pihak penyelenggara tidak pernah berkoordinasi dengan aparat kampung maupun kepolisian untuk mengajak puluhan warga Mesuji mengikuti program umrah gratis.

"Pemerintah mengimbau kepada masyarakat dengan adanya kejadian seperti ini agar jangan mudah tergiur dengan janji-janji manis dari orang yang tak dikenal," kata Ismail, Kamis, 19 Maret 2015.

Sementara itu, Polres Mesuji masih mendalami motif di balik iming-iming umrah gratis. Polisi juga menyelidiki kemungkinan modus ini dimanfaatkan oleh kelompok radikal ISIS dalam merekrut anggota baru atau murni penipuan.

Sebelumnya diberitakan, ratusan warga Mesuji Provinsi Lampung yang menjadi peserta umrah gratis akhirnya ditemukan di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Mereka hampir tiga bulan bertahan di sejumlah hotel di Malang untuk menunggu giliran diberangkatkan umrah ke Tanah Suci.

"Warga Lampung ini tinggal di Malang sejak Desember 2014. Awalnya mereka tinggal di beberapa hotel di Kota Malang, seperti di Hotel Serayu, Hotel Palem, dan beberapa hotel lain di wilayah Kota Malang," kata Kapolsek Singosari Kompol Decky Hermansyah, Selasa 17 Maret 2015. (ase)

30 Warga Lampung Pengikut Umrah Gratis Tak Kunjung Pulang

Herliyanto / tvOne Lampung

![vivamore="
Tergiur Uang Rp25 Juta, Alasan Sujono Ikut Umrah Gratis
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya