Habitat Lutung Jawa Makin Terancam

Lutung Jawa (Trachiphitecus auratus) di Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo, Batu,
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng
VIVA.co.id
Sampel DNA Ikan Aneh di Minahasa Dikirim ke Eropa
- Populasi lutung Jawa (Trachypithecus auratus) di Jawa Timur terus mengalami penyusutan. Sejumlah habitat yang menjadi kawasan lepasliar pun sudah terancam oleh infrastruktur.

Petugas Bongkar Praktik Penjualan Satwa Langka di Surabaya

Saat ini, salah ancaman terbesar yang paling mengkhawatirkan adalah keberadaan Jalur Lingkar Selatan atau JLS. Jalur yang membelah kawasan pesisir Malang Selatan ini membuat populasi sejumlah satwa dilindungi semakin terancam.

"Dengan terbukanya akses jalan ini, kami khawatir populasi Elang Jawa, Elang Laut, Lutung Jawa dan satwa lainnya makin terancam," ujar Project Manager Organisasi konservasi satwa Javan Langur Center (JLC), Iwan Kurniawan, Rabu 25 Maret 2015.

Saat ini, kata dia, JLC berencana melepas delapan ekor Lutung Jawa yang terdiri dari dua kelompok pada April mendatang di hutan pesisir Kondang Merak. Pelepasliaran ini menjadi tambahan koleksi sebelumnya yang telah melepas 73 ekor lutung jawa yang tersebar di sejumlah lokasi margastwa.

“(Saat ini) Sejumlah kawasan telah dipasang papan larangan berburu. Selain itu masyarakat setempat menjalani pendidikan lingkungan untuk mencegah perburuan dan melindungi kawasannya dari perburuan,” katanya.

![vivamore="
Bandar Satwa Dilindungi Diringkus Petugas
Baca Juga :"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya