Anies Baswedan: Anak Indonesia Ketinggalan Tiga Tahun

Anak-anak Aceh
Sumber :
  • VIVAnews/Zulfikar Husein
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Hasil studi Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Unesco, menyebut peringkat kemampuan membaca anak Indonesia berada di urutan kedua terbawah di dunia. Akibatnya, kemampuan perkembangan anak Indonesia jauh mundur bila dibandingkan dengan anak dari negara lain.

Sistem 'Full Day School' Dinilai Cocok Hanya untuk SMA

Kesimpulan ini juga berkorelasi dengan temuan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Di mana terungkap bahwa anak Indonesia ternyata tiga tahun lebih lamban perkembangannya dibanding anak dari negara lain.

"Karenanya kita sedang cari cara untuk mengatasi masalah mendasar anak-anak didik di Indonesia pada umumnya itu, kita tekankan di situ," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Bawesdan usai memaparkan hasil riset tersebut dalam Launch of the 2015 Indonesia Economic Survey and Education Policy Review di Jakarta Pusat, Rabu 25 Maret 2015.

Menurut mantan Rektor Paramadina ini, selama ini publik selalu terfokus pada upaya untuk penilaian terhadap siswa. Padahal seharusnya, fokus penilaian kemampuan juga harus disasarkan kepada tenaga pendidiknya.

"Kita selama ini menilai siswa, sekarang kita harus menilai guru, jangan lagi masalahin ujian, kurikulum, tapi sekarang masalahkan hal dasar tadi saja, yakni soal membaca dan logika," kata Anies.

![vivamore="
Mendikbud Anteng Kena 'Bully' Soal Full Day School
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya