9 Awak Kapal Karam Masih Hilang, Ditemukan Pelampung

Pencarian Korban Kapal Jabal Nur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Seno
VIVA.co.id
Tim SAR Temukan 20 Jasad Korban Kapal Karam di Batam
- Sembilan dari 14 awak kapal kargo KM Kumala Endah yang tenggelam di perairan Belawan, Medan, Sumatera Utara, belum ditemukan hingga Rabu malam. Tim SAR baru menemukan satu jaket pelampung berwarna oranye di sekitar lokasi kapal tenggelam di kawasan buoy dua, perairan Belawan.

Dimana Raibnya ABK Kapal Pisang VI?

Tim penanggulangan bencana Polres Pelabuhan Belawan mendirikan posko bencana di halaman Kantor Syahbandar Kelas Utama Belawan. Tim yang terdiri dari personel SAR, TNI dan Polisi setempat masih mencari para awak kapal yang hilang.

Menurut Kepala Polres Belawan, Ajun Komisaris Besar Polisi Wiwin Sipayung, satu jaket pelampung yang ditemukan itu masih akan dianalisis untuk memastikan benda itu adalah bagian dari kapal KM Kumala Endah atau bukan.

Tim Disaster Victim Identification Kepolisian Daerah Sumatera Utara telah mengumpulkan data dari keluarga salah satu awak yang hilang. Mereka adalah keluarga Mut Mukhtaruddin, satu dari sembilan awak yang hilang.

KM Kumala Endah yang mengangkut 700 ton material konstruksi tenggelam di perairan Belawan, Medan, Selasa petang, 24 Maret 2015. Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Belawan Lama dan akan berlayar menuju Pendawangan, Kalimantan Barat.

Kapal itu tenggelam di sekitar buoy dua perairan Belawan setelah menabrak bangkai kapal lain yang kian menumpuk di perlintasan kapal. Dalam tiga bulan terakhir, sudah dua kali kecelakaan kapal tenggelam akibat menabrak bangkai kapal yang tidak diangkat oleh perusahaan pemiliknya.
 
Kapal kargo nahas itu diperkirakan menabrak dengan keras bangkai kapal sehingga dalam hitungan menit langsung tenggelam karena mengalami kebocoran di bagian lambung.
 
Sadath Ardiansyah dan Joko Irawan/Medan

![vivamore="
Getek Angkut Jemaah Haul Terbalik, 1 Tewas
Baca Juga :"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya