Terus Melambung, Harga Batu Bacan Lewati Emas

Batu akik bacan hijau.
Sumber :
  • http://www.gudangnews.info

VIVA.co.id - Batu bacan semakin terkenal karena digemari oleh masyarakat sehingga membuat harganya saat ini mulai melambung tinggi. Bahkan sudah sulit untuk didapat secara gratis maupun dengan harga yang murah.

Jika dulu batu bacan kurang dilirik, saat ini batu yang berasal dari kecamatan Kasiruta Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, provinsi Maluku Utara harganya melewati emas di pasaran.

Di Kota Ternate provinsi Maluku Utara, batu bacan dapat di temui di beberapa tempat. Mulai dari pedagang kaki lima hingga ke toko perhiasan dengan harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

"Saat ini, harga batu bacan mulai naik. Bahkan bukan hanya di luar dari provinsi Maluku Utara, di Maluku Utara sendiri pun harga batu bacan semakin tinggi," ujar Yakub salah satu pengrajin Batu bacan.

Menurutnya, batu bacan di Kota Ternate maupun di kabupoaten/kota lainnya di Maluku Utara, harganya paling murah mencapai Rp3 juta/buah. Itu pun sesuai dengan kualitas batu, dan paling mahal mencapai ratusan juta.

"Harganya memang bervariasi, karena sesuai dengan kualitas batu serta warnanya. Untuk batu bacan harga yang paling mahal adalah warna hijau. Kalau dulu kita bisa dapatkan batu bacan secara gratis dan harganya hanya ratusan ribu, tapi sekarang sudah sulit," ujar dia.

Dia mengaku, batu bacan memang berbeda dengan batu akik lainnya, karena batu mulia berwarna hijau ini dengan karakteristik unik yakni bisa berubah (berproses) warna dan kejernihannya. (ren)
 
Faujan Pinang/Ternate

5 Batu Mulia yang Harganya Sama Seperti Satu Kontainer Akik

![vivamore="Baca Juga :"]

Mengintip Batu Akik Kesayangan Menpora

Unik, Batu-batu Akik Ini Bercorak Pemandangan Alam
[/vivamore]
Batu akik bacan hijau.

10 Jenis Batu Akik Terlangka di Dunia

Semakin langka suatu batu, akan kian tinggi harga jualnya.

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2015