Risma Masuk 50 Pemimpin Terbaik Dunia versi Fortune

Risma Masuk 50 Pemimpin Terbaik Dunia versi Majalah Fortune
Sumber :
  • Fortune.com
VIVA.co.id
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem
- Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, kembali dipuji dunia atas kinerjanya. Setelah dinobatkan sebagai wali kota terbaik ketiga dunia versi World Mayor Project (WMP) pada Februari 2015, Risma masuk dalam jajaran 50 pemimpin terbaik versi Fortune.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Dilansir dari laman resmi Fortune, Fortune.com, deretan 50 world greatest leaders dihuni para tokoh ternama dari berbagai bidang. Mulai dari sektor bisnis, pemerintahan, hiburan, olah raga, dan tokoh agama.
Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta


Posisi pertama diberikan kepada CEO Apple, Tim Cook. Dia dinilai cukup berhasil memimpin perusahaan Apple sepeninggal Steve Jobs. Urutan kedua dan ketiga, masing-masing dihuni Presiden European Central Bank Mario Draghi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.


Masih berdasarkan daftar itu, nama Tri Rismaharini menduduki posisi ke-24. Posisi Risma lebih baik satu tingkat dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang berada di urutan ke-25.


Selain tokoh-tokoh itu, beberapa nama kondang lainn, di antaranya, pemuka agama Paus Fransiskus (posisi 4), penyanyi Taylor Swift (posisi 6), pebasket Lebron James (posisi 31) dan pembawa acara Tonight Show Jimmy Fallon.


“Terpilih sebagai Walikota Surabaya pada 2010, Rismaharini mengubah kota berpenduduk 2,7 juta jiwa menjadi kota metropolis baru di Indonesia yang fokus pada ruang terbuka hijau dan pelestarian lingkungan. Kota yang sebelumnya terkenal dengan polusi dan kepadatannya, kini dipercantik dengan 11 taman asri dan RTH lainnya. Dalam beberapa hal, bahkan kompleks pemakaman dikembangkan dan didesain ulang agar lebih menyerap air dan mengurangi banjir,” tulis Fortune dalam profil Tri Rismaharini di laman itu.


Senior Editor Fortune Geoff Colvin mengatakan, pemerintahan sedang jatuh, perusahaan di bawah status siaga, dan institusi berpengalaman kehilangan pengaruhnya. “Bagaimana Anda memimpin pada masa di mana semua orang adalah free agent, mengikuti tujuannya sendiri? Kami telah menemukan 50 pelajaran hidup,” tulisnya.


Colvin menambahkan, rakyat di mana pun masih mendambakan figur pemimpin yang jujur terhadap tantangan yang mereka hadapi bersama. Mereka menginginkan pemimpin yang menunjukkan keberanian dan melihat harapan. “Pesan itulah yang diusung dua wali kota yang ada dalam daftar kami, yakni Wali Kota Detroit Mike Duggan dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini,” ungkapnya.


Pemkot baru mengetahui


Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya, M. Fikser, mengaku baru mengetahui kabar itu hari ini, Jumat 27 Maret 2015. “Setelah saya cek di website-nya, ternyata kabar tersebut benar adanya,” katanya kepada wartawan.


Terlepas dari sisi penghargaannya, menurut Fikser, prestasi membanggakan berskala internasional ini seharusnya bisa menjadi motivasi bagi masyarakat. Tidak hanya Kota Surabaya, tetapi juga seluruh Indonesia. Seba Risma adalah satu-satunya wakil Indonesia yang masuk dalam daftar world greatest leaders.


Dia menjelaskan, kini mulai memasuki era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Prestasi yang ditorehkan Wali Kota seolah menyimpan pesan tersirat bahwa anak bangsa juga bisa bersaing dan bersanding dengan sejumlah tokoh dunia.


“Semoga ini bisa menginspirasi masyarakat Indonesia, dan Surabaya pada khususnya. Sedangkan bagi Pemkot Surabaya, momen ini akan melecut semangat untuk lebih memberikan pelayanan terbaik bagi segenap warga kota,” kata Fikser.


Fortune adalah media terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat. Media yang didirikan Henry Luce pada 1929 itu mengambil segmentasi bisnis global.
![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya