Terduga Anggota ISIS Getol Singgung Konspirasi Amerika

Ilustrasi/Personel Densus 88 Antiteror
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- HA, salah seorang terduga sindikat jaringan kelompok islam radikal Daulah Islamiyah Irak dan Syam (ISIS) di Kota Malang, Jawa Timur, disebut sering mendiskusikan praktik konspirasi Amerika Serikat bersama Salim Mubarok At Tamimi alias Abu Jandal.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Pengakuan ini disampaikan oleh seorang guru membaca Alquran yang bekerja di pondok pesantren yang kerap dikunjungi HA di Kota Malang, Jefry Rahmawan.

"Sebelum Salim berangkat ke Suriah, beliau (HA), sering membahas tentang berbagai topik, diantaranya konspirasi Amerika Serikat. Dia (Abu Jandal) akan menjawab pertanyaan jika dia bisa, kalau tidak bisa ya tidak dijawab,” kata Jefry, Sabtu 28 Maret 2015.

Jefry tak menampik bila ia juga mengenal Abu Jandal. Perkenalan itu didapatnya, karena HA dan Abu Jandal sering menghadiri pengajian di beberapa mesjid di Malang.

Sepengetahuan Jefry, HA memang sering datang setiap dua hari sekali untuk mengecek kondisi pondok pesantrean tempatnya mengajar. “Kalau pak HA datang, kami pasti senang. Karena dia selalu membawa kebutuhan operasional pondok. Saya tidak tahu beliau kerjanya apa, sepertinya penjual mobil bekas,” katanya.

Untuk diketahui, Jefry merupakan salah seorang yang sempat diciduk Polresta Malang pada Kamis 26 Maret 2015. Ia sempat digeledah dan diperiksa selama lima jam. Sebelum akhirnya kembali dibebaskan oleh polisi dan Densus 88. (ren)

![vivamore="
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya