Ini Rahasia Panjang Umur Kakek 1,5 Abad dari Banjarnegara

Kakek Wamiarja yang lahir tahun 1870 dari Banjarnegara
Sumber :
  • Viva.co.id/Sonik Jatmiko
VIVA.co.id
Perempuan Bernama Y Kini Kuliah di UNY
- Wamiarja, kakek asal Dusun Karangtalun di Desa Rakitan Banjarnegara, dilaporkan memiliki umur hampir 1,5 abad. Dia mengaku memiliki trik khusus untuk menjaga kesehatannya. Lantas apa rahasia dari sang kakek?

Pasangan Ini Temukan Harta Karun dari Kursi Rp86 Ribu

Dari cerita yang dituturkan Wamiarja, kesehariannya memang terbatas dalam bergerak. Ia hanya mampu duduk dan berbaring di dipan rumahnya.

Meski begitu, ia tetap mengusahakan untuk menjaga kebugarannya lewat makanan yang dikonsumsi. Kakek yang diketahui lahir pada tahun 1870 ini mengaku gemar mengkonsumsi sayur hijau terutama daun pepaya. Dengan itu, kesehatannya cukup terjaga.

"Saya juga nggak mau memakan makanan yang disajikan dalam kondisi panas. Jadi saya pilih didinginkan dulu. Itu sudah sejak lama saya lakoni," ujar Wamiarja.

Sebab itu, ia bersyukur Tuhan telah memberinya umur panjang. "Umur saya ini kersaning gusti Alloh (Berkah dari tuhan semata)," ujar kakek yang memiliki dua anak perempuan, 13 orang cucu, 29 cicit dan delapan orang piut ini.

Saat ini, kondisi kesehatan Wamiarja terbilang sehat. Kendati tak banyak melakukan gerak fisik, namun ia masih mampu diajak berbicara dan bercerita. Hanya pendengaran dan penglihatannya saja yang sedikit terganggu. (ren)

Laporan: Sonik Jatmiko / Banjarnegara

Di Toko Ini Anda Bisa Bawa Anjing Peliharaan
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya