BBM Naik Lagi, DPR Akan Minta Penjelasan Jokowi

Pengguna kendaraan bermotor antre untuk membeli BBM.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan, lembaganya akan meminta penjelasan pada pemerintah terkait kenaikan BBM.

DPR: Dana Ketahanan Energi Bisa Langgar Pidana

Tercatat, selama empat bulan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pemerintah sudah menaikan tiga kali harga BBM dan dua kali menurunkan harganya. "Kami menyuarakan kepada pemerintah dan memberikan hasil evaluasi kepada DPR.  DPR minta apa alasan alasan kenaikan," katanya di dalam acara press gathering media DPR RI di Cipanas, Jawa Barat, Sabtu, 28 Maret 2015.

Anggota dewan asal Partai Golkar ini mengatakan, dalam aturan yang berlaku saat ini, harga minyak diserahkan pada pemerintah. Ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Harga Pertamax Turun Rp100 per Liter

"Ya sekarang kita kan sudah menggunakan aturan undang undang baru. Kita menyerahkan kepada pemerintah. Tapi itu hanya untuk tahun ini. Tahun berikutnya akan kembali kepada DPR," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja mengatakan, bahwa harga premium naik menjadi Rp7.300 per liter. Sedangkan, harga solar menjadi Rp6.900 per liter.

Pemerintah Belum Satu Suara Hitung Ulang Harga BBM

"Untuk harga minyak tanah masih tetap, yakni Rp2.500 per liter. Itu sudah termasuk PPN," katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman setkab.go.id.

Menurut Wiratmaja, harga BBM jenis premium RON 88 di Wilayah Penugasan Luar Jawa-Madura-Bali dan jenis minyak solar subsidi, perlu naik harga. Masing-masing sebesar Rp500 per liter.

"Jika dilihat dengan meningkatnya rata-rata harga minyak dunia dan masih berfluktuasi serta melemahnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir, maka harga jual eceran BBM secara umum perlu dinaikkan."

Pemerintah resmi menaikan harga BBM jenis RON 88 dan Solar pada Sabtu, 28 Maret 2015 dengan kenaikan Rp500 per liter.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya