Uji Lab, Ada Es Batu Tercermar Kotoran Manusia

Es batu
Sumber :

VIVA.co.id - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, Roy A Sparingga mengintruksikan kepada seluruh BPOM di Indonesia untuk mendata produsen es batu. Hal ini dilakukan setelah polisi menemukan pabrik es batu beracun yang diproduksi oleh PT EU di Cakung, Jakarta Timur.

Kepala BPOM: Pabrik Es Batu Harus Kantongi SNI

“Permasalahan es batu ini harus segera ditangani, karena masalah ini tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi hampir di seluruh Indonesia proses pembuatannya tidak memenuhi syarat,” kata Roy di sela-sela kunjungannya ke BPOM Bandar Lampung.

Roy menambahkan, hasil pengawasan tim di lapangan, banyak ditemukan es batu yang dijual secara bebas di sekolah-sekolah dan sangat membahayakan kesehatan para pelajar.

Polisi:Es Batu Kalimalang Dipenuhi Bakteri Berbahaya

“Kita harus memecahkan permasalahan ini ke akarnya. Karena sarana produksinya yang menjadi permasalahan. Bahkan sejak Indonesia merdeka, masalah produksi es batu belum ditangani dengan baik,” ujarnya menerangkan.

BPOM akan bekerja sama dengan Disperindag dan instansi terkait, untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap para produsen es batu. Seluruh Balai BPOM di Indonesia juga akan mendata produsen es batu yang ada di wilayahnya masing-masing.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

“Dari hasil uji laboratorium, es batu yang diproduksi terdapat adanya bakteri indikator. Sanitasi pada bahan pangan menunjukan bahwa bahan pangan tersebut telah tercemar oleh adanya polusi feses kotoran manusia atau hewan," ujarnya.

Selain itu, terdapat beberapa bakteri yang terkandung di dalam es batu yakni bakteri koliform, Eschericia coli, dan paktogen. Bakteri ini ditemukan di es batu yang terbuat dari air mentah, yang berdampak tentu bisa berisiko bagi kesehatan.

“Jika air tersebut mengandung patogen, tentu berdampak buruk bagi yang mengonsumsinya. Patogen justru dapat bertahan lama dalam es batu,” kata dia.

Hasil uji coba BPOM menunjukkan, jenis pangan yang paling tidak memenuhi syarat adalah produk es. Kualitas mikrobiologinya terburuk karena terbuat dari air yang tidak memenuhi persyaratan kualitas air minum, tanpa klorinasi, dan tidak dimasak terlebih dahulu.

Dengan mengonsumsi es balok dan jajanan yang tidak memenuhi syarat lainnya, manusia akan mudah terserang penyakit. Baik penyakit jangka pendek maupun jangka panjang. Penyakit yang paling sering dijumpai adalah diare, tipus, dan keracunan makanan. Manusia yang mengkonsumsi es balok juga ikut mengkonsumsi bakteri yang ada didalam es balok yang terbuat dari air mentah.

Pujiyansyah, Lampung

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya