Ratusan Minimarket Bodong di Surabaya Ditutup

Ratusan Minimarket Bodong di Surabaya Ditutup
Sumber :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya
VIVA.co.id
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem
- Pemerintah Kota Surabaya menepati janjinya untuk menutup minimarket tak berizin. Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyegel sekaligus menutup ratusan minimarket yang tak berizin alias bodong itu pada Senin, 30 Maret 2015.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Swalayan-swalayan itu disegel karena tidak memenuhi syarat dan tidak memiliki izin HO (surat izin gangguan atau biasa juga disebut HO/hinderordonnantie). Mereka telah diperingatkan dan diberi kesempatan untuk mengurus izin tetapi membandel.
Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta


Berdasarkan pantauan
VIVA.co.id,
kegiatan penyegelan itu dimulai di dua minimarket jenis Alfamart dan Indomaret di Jalan Kampung Malang Tengah, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegalsari, Surabaya.


Dua minimarket yang saling berhadapan ini sudah lama tak memiliki izin usaha atau HO. Toko modern itu juga berada di perkampungan penduduk yang sesungguhnya melanggar Peraturan Perdagangan Nomor 8 Tahun 2014.


Penutupan perdana itu dilakukan karena minimarket tidak memiliki izin HO. Tiga kali menerima surat peringatan namun diabaikan.


"Minimarket ini sudah tiga kali mendapat peringatan dari Pemkot, namun tidak ada iktikad baik mengurus izin HO," kata seorang petugas Satpol PP di sela-sela melakukan penutupan minimarket di Jalan Kampung Malang Tengah.


Penutupan berlangsung lancar. Tidak ada perlawanan dari pegawai minimarket. Mereka hanya menuruti yang diperintahkan petugas Satpol PP.


Fadely seorang petugas Satpol PP memimpin penutupan minimarket. Dia meminta para pegawai untuk segera mengeluarkan barang-barang yang mudah busuk dan kedaluwarsa, misalnya, buah-buahan dan es krim.


Fadely meminta pegawai segera mengemasi pakaian dan barang-barang milik pegawai agar segera meninggalkan minimarket untuk penyegelan. Rencananya ada 396 minimarket tak berizin akan ditutup secara bertahap. (ren)
![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya