KPU: 68 Wilayah Belum Punya Anggaran untuk Pilkada Serentak

Ketua KPU Husni Kamil Manik
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik mengatakan, ada 68 daerah yang belum memiliki anggaran untuk menyelenggarakan Pilkada serentak pada Desember 2015.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

KPU meminta, Kementerian Dalam Negeri segera turun tangan agar pemerintah daerah bisa menyiapkan anggaran.

"68 daerah itu merupakan daerah yang berakhir masa jabatannya pada semester I tahun 2016. Wilayah ini belum punya angaran untuk Pilkada serentak," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa, 31 Maret 2015.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

Menurut Husni, sangat wajar bila daerah itu belum punya anggaran karena aturan mengenai Pilkada baru turun pada Januari 2015. Hal itu menyebabkan daerah tak mempersiapkan anggaran Pilkada dalam APBD.

"Mereka enggak boleh futuristik. Kan, belum ada penetapan kewajiban Pilkada lantas muncul anggarannya di APBD," katanya menambahkan.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Menurut Husni, ketiadaan anggaran Pilkada di 68 wilayah itu menjadi masalah karena waktu pelaksanaan semakin mepet. Pemerintah harus memikirkan solusi agar daerah itu bisa menuntaskan persoalan anggaran Pilkada.

"Kita berharap Kemendagri intensif melakukan supervisi agar daerah bisa menuntaskan segera kebutuhan anggarannya. Ini perlu disupervisi Kemendagri." 

![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya