Pengamat: Asal-usul ISIS di Indonesia Masih Misteri

Militan ISIS asal Indonesia.
Sumber :

VIVA.co.id - Pengamat hubungan internasional, Asrudin Azwar, menilai asal-usul kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Indonesia masih teka-teki. Belum diketahui pasti bagaimana mereka masuk ke Indonesia, begitu juga orang atau kelompok yang mendanai.

"ISIS ibarat puzzle (permainan bongkar-pasang/teka-teki) yang sangat sulit dipecahkan. Di Google tidak ditemukan jawaban memuaskan dan objektif," kata Asrudin dalam sebuah forum diskusi tentang bahaya ISIS di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2015.

Namun, berkembangnya ISIS di Irak dan Suriah, kata Asrudin, karena ada dua peristiwa politik besar di kawasan Timur Tengah. Pertama, invasi Amerika Serikat ke Irak pada tahun 2003. Invasi itu dilatarbelakangi tuduhan Amerika bahwa Irak memiliki senjata pemusnah massal.

Latar belakang kedua ialah peristiwa politik Arab Spring. Arab Spring adalah istilah untuk kebangkitan dunia Arab atau pemberontakan yang dimulai di Tunisia pada Desember 2010.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Arab Spring menjalar ke Libya, Aljazair, Mesir, Lebanon, Yordania, Mauritania, Sudan, Oman, Arab Saudi, Maroko, Yaman, Irak, Bahrain, Kuwait, Sahara Barat, dan Suriah.

Pemberontakan itu untuk menggulingkan pemerintah yang sah dan berkuasa sebelumnya. Beberapa pemimpinnya digulingkan dengan cara kudeta berdarah, yang lain sedang berlangsung dan beberapa sudah berhenti.

Menurut Asrudin, berkembangnya ISIS tak lepas dari kegagalan negara-negara itu menciptakan kemakmuran untuk rakyatnya. Rakyat kemudian mencari cara sendiri untuk menciptakan kemakmuran.

"ISIS berkembang di Irak dan Suriah karena kegagalan negara. Karena ada iming-iming uang yang besar kalau gabung ke ISIS," ujar Asrudin. (ase)

![vivamore="
ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS
Baca Juga :"]
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya