JK dan ARB Nonton Bareng Film Tjokroaminoto

Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie
Sumber :
  • Viva.co.id/Shalli
VIVA.co.id
#66, Film Laga Indonesia Berjaya di Luar Negeri
- Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pemutaran perdana film 'Guru Bangsa Tjokroaminoto' di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Selasa, 31 Maret 2015. Saat menghadiri pemutaran film tersebut, Kalla tampak didampingi mantan Menteri Perindustrian MS Hidayat yang juga Pelindung Yayasan Keluarga Besar Tjokroaminoto.

Empat Pedoman Penting untuk Layar Lebar Indonesia

Keduanya duduk bersebelahan. Di sebelah kiri Kalla, tampak hadir mantan Presiden BJ Habibie. Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, serta Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon. Selain tokoh tersebut, Kalla juga didampingi Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie.
Manfaat Produksi Film Antarnegara


"Terimakasih kepada Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menkopolhukam, Wakil Ketua DPR, para menteri, serta Pak Aburizal Bakrie selaku pemilik gedung, dan para undangan semuanya," kata MS Hidayat.


Dalam sambutannya, MS Hidayat selaku Pelindung Yayasan Keluarga Besar Tjokroaminoto menyatakan bahwa film ini berangkat dari keinginan keluarga besar istrinya untuk mengabadikan kehidupan Tjokroaminoto. Istri Hidayat adalah salah satu cucu Tjokroaminoto.


Keinginan ini kemudian ditangkap sutradara Garin Nugroho. MS Hidayat mengatakan, film karya Garin yang dibintangi Reza Rahadian ini mampu membingkai nilai sejarah Tjokroaminoto sebagai guru besar bangsa.


"Bukan hanya sutradara tapi juga budayawan, dan juga mengatur konteksnya, kesejarahan dari berlakunya peristiwa itu," kata Hidayat.


Film ini akan bercerita tentang kisah dari Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang kita kenal dengan H.O.S. Tjokroaminoto, seorang pendiri Sarekat Islam yang merupakan sebuah organisasi besar di masanya. Jiwanya yang intelek, pandai bersiasat, hingga kritis akan keadaan sosial, membuat namanya dikenal.


Film ini juga dibintangi aktris senior Christine Hakim, Deva Mahendra, Didi Petet, Chelsea Islan, Maia Estianty, hingga budayawan Sujiwo Tejo.(one)![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya