Seru, Ratusan Kucing Ikuti Kontes Internasional

Kucing menjadi kepala stasiun kereta api.
Sumber :
  • http://beritatrendz.blogspot.com

VIVA.co.id - Sebanyak 111 ekor kucing dari berbagai jenis, milik 51 penghobi kucing di Indonesia, mengikuti kegiatan "Internasional Cat Show" di sebuah mal di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kucing, Hewan Terapi Anak Kebutuhan Khusus

Kucing-kucing milik penghobi kucing di Tanah Air ini bukanlah kucing biasa, tetapi kucing dari jenis ras tertentu yang memiliki harga selangit dan perawatan berbeda.

Berbagai jenis kegiatan digelar dalam kegiatan tersebut, di antaranya lomba kucing. Ada empat kelas yang dilombakan dalam ajang cat show ini, antara lain kelas kitten untuk usia 4 - 6 bulan, kelas junior, kelas female, dan kelas male. Dengan batas minimal usia kurang lebih 10 bulan. Selain itu, ada enam ras kucing yang mengikuti cat show yakni Persia, Maine Coone, Eksotik, Bengal, Sphy Nx, dan Abyssinian.

Seorang penghobi kucing asal Jakarta, yang mengikuti ajang tersebut, Deti, mengaku memiliki hobi memelihara kucing sudah sejak kecil. Karena sudah hobi, meskipun harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk membeli makanan dan perawatan, tidak menjadi masalah.

Saat ini, Deti memiliki 11 ekor kucing dari jenis Persia. Selain untuk dikoleksi, ia juga menjual koleksinya tersebut, apabila ada yang berminat. Untuk satu ekor kucing Persia bersertifikat, ia biasa menjual mulai harga Rp10 -15 juta per ekor.

Hal serupa juga dikatakan penghobi kucing asal Sidoarjo, Jawa Timur, Eko, saat ini memiliki sebanyak 20 ekor kucing jenis Persia dan Eksotik, dengan syarat sudah layak dan cukup umur. Khusus untuk kucing bersertifikat dijual minimal Rp6 juta per ekor.

Menurut Eko, kucing koleksinya juga sering mengikut lomba kucing di ajang organisasi penyayang kucing di Indonesia, Indonesian Cat Association (ICA) dan memenangkan sejumlah kejuaraan.

Sementara itu, Ketua Panitia, Aditia, mengatakan kejuaraan tersebut selain untuk mempertemukan sesama pecinta kucing di Indonesia, yang tergabung dalam ICA, juga untuk mengenalkan jenis-jenis kucing yang saat ini ada di Tanah Air.

Karena bertaraf internasional, dia mendatangkan dua juri asal Belanda untuk menilai seluruh kucing peserta. Kejuaraan itu cukup mengundang perhatian dari pengunjung mal.

Laporang: Salahuddin (asp)

![vivamore="
Agar Tak Kabur, Majikan Ikat Kucing dengan Balon
Baca Juga :"]
Raas, Kucing Para Bangsawan dan Ulama Madura



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya