Siswa Minta Nilai UN Tak Jadi Rujukan, Ini Jawaban UGM

Ilustrasi soal Ujian Nasional
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir
VIVA.co.id
UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker
- Beredarnya bocoran soal Ujian Nasional di Yogyakarta mengecewakan sejumlah siswa. Bahkan salah seorang siswa diketahui langsung menyurati Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk tidak menjadikan nilai UN tahun ini sebagai rujukan penerimaan mahasiswa baru.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Menanggapi hal ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto, memastikan agar seluruh siswa yang berminat menempuh pendidikan di UGM tak perlu khawatir.

Sebab, nilai UN memang sudah sesungguhnya tidak menjadi rujukan mereka untuk merekrut mahasiswa baru. "Penilaian yang digunakan adalah prestasi akademik yang dimuat dalam rapor serta telah diunggah di PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa), capaian akademik lain, rangking siswa serta rekam jejak sekolah," kata Iwan, Rabu 15 April 2015.

Sebab itu, ia meminta seluruh siswa tak menghiraukan hasil dari UN mereka dan memilih fokus menuntaskan konsentrasi.

Iwan juga mengapresiasi respons dari salah seorang siswa SMA di Yogyakarta yang telah menyayangkan bocornya soal UN. Sikap itu mencerminkan bahwa masih ada siswa yang menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran dalam mengerjakan UN.

"Generasi muda yang jujur seperti inilah yang diperlukan bagi masa depan Indonesia yang lebih baik," kata Iwan.

![vivamore="
Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya