Unik, Usai UN Siswa Tuliskan Cita-cita di Balon

Ilustrasi balon
Ilustrasi balon
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 di Palembang, Sumatera Selatan, terlihat berbaris di salah satu sudut sekolah. Dengan tertib mereka mengantre untuk mendapatkan jatah satu buah balon berisi gas.

Di hari yang bertepatan dengan berakhirnya Ujian Nasional yang melelahkan, raut letih pun sirna berganti keharuan dan kegembiraan. Seperti tahun lalu, tradisi melepas balon pun dimulai.

Beragam harapan pun dituliskan di secarik kertas yang nantinya akan diikat bersama balon dan dilepaskan ke udara. Gembira bercampur keharuan pun memayungi segenap siswa.

"Saya ingin kuliah di kampus yang terbaik. Saya ingin sukses," tulis seorang siswa di kertasnya.

Lucunya, dari ratusan siswa tersebut ternyata tidak sedikit juga yang mencantumkan ingin mendapatkan pasangan hidup yang tepat untuk mereka. Terlepas dari itu, momen unik cukup menjadi pelepas penat siswa usai berjibaku selama ujian berlangsung.

"Ini sudah jadi tradisi di sekolah kami. Setiap selesai Ujian Nasional pasti ada melepas balon. Seluruh cita-cita dan harapan ditulis lalu diterbangkan ke udara," ujar seorang siswa, Rega, Rabu 15 April 2015.

Menurut Rega, karena sudah menjadi tradisi. Maka balon-balon itu memang sudah disediakan oleh adik kelas mereka. Selanjutnya, baru dibagikan kepada siswa yang mengikuti UN.

Kepala SMAN 1 Palembang, Agus Budiyanto, mengatakan, tradisi tahunan itu memang selalu diselenggarakan oleh sekolahnya. Menurut dia, hal itu memberikan contoh positif kepada siswa agar dapat memikirkan masa depan usai sekolah.

"Usai berdoa, balon-balon ini akan dilepas bersama. Sudah setiap tahun kami selenggarakan ini. Dengan ini ada kesan moral yang ditinggalkan di hati siswa," ujarnya. (art)


Purwantoro/Palembang

  ![vivamore=" Baca Juga