Batu Akik untuk Peserta KAA Bersertifikat

Batu Akik Panca Warna Garut yang akan menjadi Suvenir KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat
VIVA.co.id
RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain
- Batu akik asal Garut, Jawa Barat, akan menjadi oleh-oleh atau buah tangan untuk para kepala negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan digelar pada 24 April 2015. Batu akik jenis edong itu berbentuk liontin uang nanti akan dibagikan kepada 109 peserta.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Batu akik itu dibuat spesial hanya untuk peserta KAA. Batu pun akan disertifikasi oleh geolog bernama Sujatmiko untuk memastikan keaslian batu.
Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah


Menurut Ketua Koperasi Lasminingrat Gamestone, Yudi Nugraha, khusus untuk liontin oleh-oleh, sebelum diserahkan kepada para delegasi akan disertifikasi agar informasi batu edong secara ilmiah dapat diketahui oleh penerimanya.


“Kita ingin memberikan informasi yang lebih paten melalui sertifikat, hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli batu mulia," kata Yudi kepada
VIVA.co.id
di Garut pada Kamis malam, 16 April 2015.


Dia menjelaskan bahwa batu edong adalah fosil pohon yang diperkirakan berusia 25 juta tahun. Dia dan kawan-kawannya secara maraton mengerjakan proses pemolesan batu liontin yang kini tinggal tahap akhir. Pengerjaan dilanjutkan proses pengikatan dengan bahan ikatan berasal dari perak serta tali kalung dari bahan kulit domba Garut.


Sebanyak 120 butir liontin bagi para delegasi, dipastikan selesai pada Jumat, 17 April 2015. Sebanyak 70 di antaranya butir dikerjakan di galeri Lasminingrat dan 50 butir dikerjakan di Desa Sukarame, Kecamatan Caringin.


"Jadi kita menggunakan para perajin poles batu, di bawah binaan koperasi Lasminingrat," Yudi menambahkan.![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya