Menteri Anies: Hanya Soal UN IPA yang Bocor

Ilustrasi soal Ujian Nasional
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir
VIVA.co.id
UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker
- Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan, memastikan hanya soal untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mengalami kebocoran saat Ujian Nasional (UN) berlangsung pada 13 April hingga 15 April 2015.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

"Ujian Nasional yang file-nya diunduh di google drive adalah paket soal untuk SMA IPA," ujar Anies dalam konferensi pers di Gedung E Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Jumat 17 April 2015.

Dari evaluasi, lanjutnya, kebocoran itu diketahui hanya terjadi di dua daerah yakni Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Anies juga memastikan terkhusus untuk soal IPS bagi tingkat Sekolah Menengah Kejuruan tidak ada kebocoran.

"Sampai sekarang apa motifnya belum diketahui. Semuanya masih dalam pemeriksaan," ujar Anies.

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam, menyebutkan terkhusus Aceh dan Yogyakarta, dalam rancangan soal UN yang telah disusun memang dibuat seragam.

Sebab itu, mengapa kebocoran soal muncul di dua daerah istimewa tersebut. "Kami menyiapkan beberapa paket soal untuk menghindari kebocoran. Namun dalam hal ini (khusus) soal di Yogyakarta dan Nanggroe Aceh Darussalam, karena sama-sama istimewa, jadi soalnya sama," ujar Nizam.

Seperti diketahui, penyelenggaraan UN tingkat SMA sederajat pada 2015 kali ini kembali diterpa kasus kebocoran soal. Dari sebanyak 11.730 paket soal yang dicetak dan didistribusikan sebanyak 30 paketnya tersebar dan bisa diunduh di layanan berbagi google drive di internet.

![vivamore="
Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya