Pemerintah Musnahkan Soal Bekas Ujian Nasional

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, Ujian Nasional (UN) yang tahun ini berbeda dengan ujian serupa tahun-tahun sebelumnya.

UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker

Menurut dia, soal yang telah diujikan masih berstatus dokumen sangat rahasia. "Naskah UN harus disimpan dalam gudang penyimpanan  yang disegel. Mulai tahun ini naskah UN akan dimusnahkan," ujarnya saat menggelar konferensi pers di Gedung E, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta, Jumat, 17 April 2015.

Sebelumnya, lembar soal bekas UN yang sudah tak terpakai bisa didistribusikan untuk dipelajari siswa yang akan mengikuti UN tahun berikutnya. Namun tahun ini, seluruh lembar soal akan dimusnahkan. Hal ini dilakukan karena UN 2015 menjunjung tinggi integritas, di mana setiap sekolah akan dinilai indeks kejujurannya.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Namun sayangnya, paket soal UN untuk SMA di Provinsi Yogyakarta dan Aceh bocor. Seseorang telah mengunggah soal-soal tersebut melalui google drive. Mendikbud mengaku belum mengetahui motif dari tindakan tersebut. Anies juga tidak dapat mengkonfirmasi identitas pelaku pengunggah.

Anies mengatakan, saat ini pelaku sedang menjalani pemeriksaan. Ia akan menuntut pihak-pihak yang menyebarkan dokumen rahasia tersebut. "Nol toleransinya. Siapapun yang menggunakan dokumen ini akan diproses hukum," ujarnya mengancam.

Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C

Mendikbud mengajak seluruh masyarakat untuk segera melapor ke polisi jika menemukan ada upaya membocorkan soal-soal UN. Dia mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan polisi untuk segera memproses laporan-laporan tersebut. "Ini bukan delik aduan, tapi adalah tindak pidana murni. Jangan takut lapor ke polisi."

(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya