TNI Atur Parkir Pesawat Kenegaraan Peserta KAA

Mantan KSAU (Purn) Marsekal TNI Agus Supriatna
Sumber :
  • Antara/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) sudah mengatur parkir pesawat kenegaraan sejumlah kepala negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA).

Indonesia Terus Jajaki Penguatan Kerja Sama dengan Afrika

Kepala Staf TNI AU (KSAU), Marsekal Agus Supriatna memastikan, pesawat-pesawat kenegaraan sejumlah negara telah diatur sedemikian rupa di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. "Sudah kita atur. Kita, kan, tahu rute, kita tahu tempat parkir, semua sudah kita atur," ujarnya di kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 17 April 2015.

KSAU juga memastikan, pengaturan parkir maupun lalu lintas pesawat kenegaraan tidak akan mengganggu jadwal rutin penerbangan komersial dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara. “Karena jamnya semua sudah kita atur. Ada time schedule-nya.”

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Awalnya, persoalan parkir pesawat kenegaraan kepala negara itu dikeluhkan Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Binsar Panjaitan. Menurut dia, Bandara Husein Sastranegara kurang memadai.

Pemerintah Indonesia telah menyiapkan pesawat Garuda untuk transportasi para kepala negara dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya. Tetapi beberapa kepala negara memilih menggunakan pesawat kenegaraan masing-masing.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Luhut mengaku dipusingkan dengan hal itu karena belum ada jalan keluarnya untuk parkir pesawat. "Itu yang kita sekarang pusing sampai delapan keliling, mengatur parkir pesawatnya," katanya di Istana Negara Jakarta.

(mus)

Pembentukan Dewan Bisnis Indonesia-Afrika Masih Berlangsung

Dewan Bisnis akan permudah hubungan dagang RI-Afrika.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016