Ini Delapan Pesan Presiden untuk Menteri

Menteri ESDM, Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, ada delapan pesan Presiden Joko Widodo kepada menterinya. Salah satunya adalah pembangunan di wilayah terpencil.

Sudirman Said Pamit, Pegawai ESDM Menangis

"Ada delapan arahan umum Presiden untuk mengelola pembangunan ke depan," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 17 April 2015.

Delapan pesan itu disampaikan Presiden dalam sidang kabinet paripurna beberapa hari lalu. Entah apa yang melatari Sudirman Said, sehingga dia menjelaskan kepada masyarakat tentang perintah Presiden tersebut. Sudirman bahkan merinci apa yang menjadi pesan atasannya tersebut.

Sudirman Akui Banyak 'Gesekan' Saat Jadi Menteri ESDM

Pertama, Presiden Jokowi menekankan agar para menteri dan petinggi kelembagaan untuk membangun rasa aman bagi warga negara. Kedua, menteri dan kepala lembaga pemerintah diminta meningkatkan tata kelola pemerintahan ke arah yang lebih baik.

Ketiga, Presiden Jokowi memerintahkan menteri dan jajarannya untuk memperhatikan pembangunan di daerah-daerah pinggiran, jauh dari pusat pemerintahan. Sudirman menerjemahkan, perintah tersebut berkaitan dengan kementeriannya.

Sudirman Said Cerita Pencapaian Selama Jabat Menteri ESDM

"Ini sangat erat kaitannya dengan energi ke depan," kata dia.

Keempat, para menteri dan kepala lembaga diminta untuk meneruskan reformasi kelembagaan. Selanjutnya, Presiden Jokowi memerintahkan menterinya aktif mendorong penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Keeenam, Jokowi mengingatkan bahwa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah bertujuan untuk membangun masyarakat. Ketujuh, pembangunan tetap berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN).

"Kedelapan, menjadikan semangat revolusi berkarakter dan menjadi pedoman bagi ke depan."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya