Pria Ini Mengaku Sebagai Penemu Batu Akik Sisik Naga

Batu akik sisik naga
Sumber :
VIVA.co.id
Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar
- Di tengah berkembangnya tren beberapa jenis batu akik yang telah muncul lebih dulu, sisik naga melesat menjadi salah satu primadona baru. Batu akik ini mendapat tempat khusus dalam berbagai pameran di hotel-hotel berbintang.

Batu Garut Suvenir PON XIX, Bernama 'Dasi Koboi'

Seperti terlihat dalam Gemstone Festival 2015 yang diselenggarakan selama tiga hari di Makassar. Tidak sedikit pecinta batu akik dari luar daerah yang datang untuk menyaksikan keunikan batu dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.
Percaya Batu Akik Pengganda Uang, Puluhan Juta Raib


Terutama batu sisik naga. Batu ini disebut pertama kali ditemukan oleh Muswil (36), asal Kabupaten Pangkep, pengrajin yang sudah bergelut dengan batu mulia sejak 2002.


Muswil mengatakan batu sisik naga sebelumnya dikenal dengan nama jala Makassar. Hingga saat dia mengikuti pameran di Jakarta, lalu banyak yang menyarankan untuk memberi nama yang lebih komersial.


Sejak itu kemudian batu yang banyak ditemui di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, dikenal sebagai batu sisik naga yang kian digemari dan meningkat terus harganya.


Muswil pertama kali menemukannya di desa Bontulamba, Kecamatan Maulua, Enrekang, empat tahun lalu dalam bentuk bongkahan. Dia kemudian mencoba mengolahnya menjadi batu cincin pada 2014.


Ternyata batu itu memiliki keunikan dibandingkan dengan batu-batu lain yang pernah ditemuinya. "Sejak itu saya semakin tertarik dengan batu sisik naga ini," ucapnya.


Walau memiliki kemiripan dengan batu asal Jawa Barat, yaitu kazakhstan dan afrika. Namun dia mengklaim jika batu sisik naga Enrekang lebih unik karena corak dan warna yang beragam. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya