Ramai-ramai Bersihkan Pantai Ancol dari Sampah

Ancol Gelar “Clean Up The Beach”
Sumber :

VIVA.co.id - Menyambut datangnya Hari Bumi Sedunia, yang diperingati pada 22 April, pengelola wahana wisata Ancol Taman Impian menggelar acara “Clean Up The Beach.” Acara berlangsung di Pantai Ancol Lagoon, Minggu 19 April 2015.

Acara Clean Up The Beach adalah kegiatan membersihkan sampah di sepanjang garis pantai Ancol dari sampah kertas, plastik dan styrofoam dan lomba fotografi.

Bersih-bersih Pantai Ancol, Budaya Cinta Lingkungan

Diikuti 500 peserta yang terdiri atas anak-anak mulai usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) yang memiliki Kartu Prestasi Ancol, anak-anak Sekolah Rakyat Ancol, dan anak-anak Teens Go Green.
Ancol Gelar ?Clean Up The Beach?
Mekanismenya setiap peserta yang sudah mendaftar diberikan kantong sampah dan dibagi ke dalam beberapa kelompok oleh panitia. Setiap peserta yang berhasil mengumpulkan sampah dengan berat minimal 5 kg mendapatkan hadiah buku dan stiker.

Jika ada peserta yang mendapatkan sampah styrofoam mendapatkan hadiah buku dan boneka. Bagi peserta yang kantong sampahnya paling berat berhak mendapatkan bibit tanaman.

Sementara itu untuk lomba fotografinya sendiri bertema “Aku dan Pantai”. Objek fotonya adalah kegiatan Clean Up The Beach. Kamera yang digunakan adalah kamera profesional seperti kamera SLR, kamera saku, maupun kamera handphone. Setiap peserta boleh memberikan tiga foto terbaiknya kepada panitia untuk diseleksi dan dipamerkan dalam Pameran Foto Hari Bumi pada bulan Mei 2015.

“Berlokasi  di tepi pantai sehingga kita bertanggung jawab menjaga lingkungan terutama pantai agar tetap bersih, nyaman dan lestari. Kita ajak anak-anak usia sekolah karena awal pembentukan karakter terjadi di usia dini. Kami ingin menanamkan cinta lingkungan sejak mereka kecil. Harapannya akan terbawa ke kehidupan hingga dewasa dan ditularkan pada orang lain,” ujar Farida Kusuma, Sekretaris Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol di tengah acara.
Ancol Gelar ?Clean Up The Beach?
Kegiatan bersih-bersih pantai Ancol adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Ancol Taman Impian seusai perayaan tahun baru atau musim liburan karena padatnya pengunjung yang dating dan meninggalkan banyak sampah. Namun khusus peringatan Hari Bumi Sedunia, baru pertama kalinya diadakan tahun ini.

Setelah kegiatan bersih-bersih pantai dan lomba foto selesai, peserta diajak berkomitmen menjaga kelestarian bumi dengan menulis di booklet yang dibagikan panitia dan mengunggah foto dengan latar Pantai Ancol Lagoon ke akun sosial milik mereka dan milik Ancol Taman Impian.

Diharapkan acara Clean Up The Beach dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian bumi serta kawasan Ancol Taman Impian.
Ancol Gelar ?Clean Up The Beach?
“Semoga saja tahun-tahun berikutnya kita bisa terus-menerus memperingati Hari Bumi Sedunia dengan kegiatan postif semacam ini lagi. Kita tidak bisa membiarkan bumi kita terus tereksploitasi dan rusak. Toh nantinya manfaat positif dari lingkungan yang nyaman, bersih dan lestari akan dirasakan sendiri oleh pengunjung dan masyarakat luas,” tutup Farida.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ancol Contact Centre di (021) 29 22 22 22. (Webtorial)

Ahok Protes Kapal Milik Dishubtrans Lambat

(ren)

Dragon Slide wahan baru di Atlantis Water Adventures, Ancol Taman Impian

Rasakan 3 Sensasi Luar Biasa di Dragon Slide, Ancol

Wahana baru di Atlantis Water Adventures, Ancol Taman Impian.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2016