Polisi Hingga Pegawai Bank Kenakan Simbol Kartini

Polwan di Depok gunakan kebaya peringati hari Kartini
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan (Depok)
VIVA.co.id
Cara Unik Telkomsel di Hari Kartini
- Peringatan Hari Kartini, 21 April, menjadi momen tersendiri bagi seluruh perempuan se-Indonesia. Sosoknya yang menebar semangat emansipasi membuat figur Kartini menginspirasi setiap perempuan.

Miss Indonesia 2015: Koperasi Wanita Wujud Kartini Modern

Kini, upaya mengenang Kartini diwujudkan dengan beragam hal. Salah satunya adalah dengan mengenakan kebaya ataupun baju adat yang dianggap menjadi simbol dari sosok Kartini.

Di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, sejumlah pegawai bank sengaja memilih pakaian adat daerah Bugis untuk memperingati hari Kartini. Baik pegawai pria maupun wanitanya terlihat anggun menggunakan pakain khas suku Bugis tersbeut.

"Kami ingin menghargai sosok Kartini. Karena itu kantor mewajibkan seluruh pegawainya mengenakan baju khas Bugis," ujar salah seorang pegawai Bank Nasional Indonesia, Yanti, Selasa 21 April 2015.

Sementara itu, di Sukabumi Jawa Barat, sejumlah petugas polisi wanita terlihat berbeda dengan kebayanya. Operasi simpatik yang sengaja digelar untuk peringatan hari Kartini tahun ini juga disertakan dengan pembagian bunga dan sejumlah suvenir untuk pengguna jalan.

Polwan berkebaya ala Kartini ini satu persatu memberhentikan kendaraan roda dua dan roda empat untuk melakukan sosialisasi keselamatan berkendara, seperti menggunakan sabuk pengaman dan helm untuk roda dua.

"Ini bentuk penghargaan kami terhadap sosol Kartini. Karena itu seluruh polwan harus mengenakan kebaya sebagai simbolnya," ujar salah seorang polwan Bripka Arum Haida.



Puang Hendra/Rizki Gustana


Peraih Grammy Ini Ucapkan Selamat Hari Kartini
Menengok Rumah Tempat RA Kartini Dipingit Sang Ayah

Menengok Rumah Tempat RA Kartini Dipingit Sang Ayah

Di sela-sela gebyok itu Kartini mengintip calon suaminya.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2015