Heli TNI Rusak, Penerbangan Bandara Semarang Tertunda

Siaga Membawa CVR
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo
VIVA.co.id
KSAU Pastikan F-16 Layak Pakai
- Sebuah insiden kerusakan helikopter milik TNI/AD terjadi di sekitar Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa 21 April 2015. Kejadian ini sempat membuat kegiatan sejumlah penerbangan di bandara Semarang terhambat.

F-16 Terbakar, DPR Desak TNI Segera Lakukan Investigasi

Informasi terhimpun, peristiwa terjadi di sebelah utara landasan pacu Bandara. Helikopter milik TNI/AD diketahui mengalami gagal terbang di Lanumad Ahmad Yani.

Sejumlah penumpang pesawat yang hendak terbang membenarkan adanya penutupan bandara selama beberapa jam. Salah satunya Lion Air, yang mengalami delay kurang lebih satu jam.

"Saya akan check in pukul 09.00 tadi melalui Lion Air, tapi kata petugas pesawatnya akan berangkat pukul 09.45 karena delay, " kata Agung salah seorang penumpang Lion Air.

Kendati demikian, dia tak diberitahu secara pasti insiden yang terjadi tersebut. Informasi yang diperoleh, ada helikopter militer mengalami kerusakan.

Bahkan dirinya mendapatkan, fenomena di arah Lanumad Ahmad Yani ada kerumunan orang. Namun demikian, kata dia, penerebangan di Bandara Ahmad Yani kembali normal pada pukul 09.20 WIB.

Sejumlah penerbangan seperti Lion Air dan Sriwijaya Air sudah telihat dipanggil boarding.

Terpisah, General Affairs and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Anom Fitranggono saat dikonfirmasi mengatakan, aktivitas penerbangan di Bandara A Yani memang sempat ditutup selama kurang lebih satu jam.

Itu akibat insiden kerusakan helikopter milik TNI di Lanumad Ahmad Yani. "Ditutup tadi mulai pukul 08.20 sampai 09.30," kata Anom.

Dijelaskannya, akibat insiden itu ada dua maskapai yang sempat terganggu penerbangannya. Keduanya adalah Kalstar dan Sriwijaya Air.

Kendati demikian, Anom memastikan saat ini penerbangan sudah kembali seperti semula. Sebab, helikopter yang gagal terbang itu sudah dipindahkan dari runaway.


Pesawat Tempur TNI Terbakar di Halim
Pesawat Tempur Hawk Dipensiunkan usai Bertugas 35 Tahun

F-16 Terbakar, Dilema Pemutakhiran Sistem Persenjataan TNI

Pesawat ini bekas pakai, sudah usang. Hibah dari Amerika.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2015