Seluruh Calon Wakapolri 'Mundur Teratur' Demi Budi Gunawan

Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Menko Tedjo: Pelantikan Wakapolri Tak Perlu Dipermasalahkan
- Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri, saat ini telah menyiapkan nama-nama jenderal bintang tiga yang berpeluang menjadi Wakapolri, salah satunya adalah Komjen (Pol) Budi Gunawan.

Kompolnas Janji Pelototi Kinerja Budi Gunawan

Berdasarkan penelusuran Indonesia Police Watch (IPW), Wanjakti dan internal Polri solid, dan seluruh jenderal yang ikut seleksi di Wanjakti setuju memberi lampu hijau kepada Komjen Budi Gunawan menjadi wakapolri.

Kabareskrim Inspektur Jenderal (Pol) Budi Waseso menjelaskan, mengenai urusan pencalonan atau penunjukan Komjen Budi Gunawan menjadi calon orang nomor dua di tubuh Polri itu urusan internal dan kewenangan institusi.

Ia menambahkan, semua jenderal bintang tiga punya hak dan kesempatan yang sama untuk menduduk kursi wakapolri.

"Tentang Wakapolri itu, nanti dipimpin Kapolri, keputusannya urusan internal. Masalah ini kewenangan institusi. Semuanya diusulkan, artinya dalam Wanjakti seluruh bintang tiga yang ada punya hak untuk diusulkan, tapi keputusannya itu nanti dewan Wanjakti sendiri,” ujar Kabareskrim di kantor Kementerian Dalam Negeri, Selasa, 21 April 2015.

Dia juga membantah dan enggan berkomentar lebih jauh, bahwa hasil keputusan Wanjakti sudah keluar. Budi Waseso justru menyarankan untuk menunggu kabar hasil tersebut keluar langsung dari Kapolri.

Saat ditanya mengenai kapan pengumuman resmi mengenai siapa calon orang nomor dua di Kepolisian, Budi Waseso mengaku belum tahu dan kembali menyarankan untuk menunggu kabar dari Kapolri.

"Sekali lagi itu terserah Pak Kapolri yang akan mengumumkan. Saya tidak tahu, itu Pak Kapolri kewenangannnya,” ujarnya.

Terkait dengan pertemuan Wanjakti dengan beberapa petinggi Polri, ia tidak membantah, bahwa Jumat kemarin telah ada pertemuan antara Wanjakti yang dihari oleh delapan perwira tinggi, lima jenderal bintang tiga dan tiga bintang dua yang berkaitan dengan anggota dewan Wanjakti.

Komjen Budi Gunawan dilantik jadi Wakapolri

Ada yang Mendesak di Balik Pelantikan Budi Gunawan

Kata Kapolri, kalau melihat orang jangan hanya yang negatifnya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2015