60 Daerah Siap Pilkada Serentak

Anggaran Pilkada Surabaya Rp71 Miliar Dianggap Kecil
Sumber :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya
VIVA.co.id
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
- Kementerian Dalam Negeri menyatakan tersisa satu dari enam daerah yang belum memiliki kecukupan anggaran pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Kabupaten Halmahera Barat hingga kini masih belum memiliki anggaran untuk melaksanakan hajatan tersebut.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

Kemarin, Senin, 20 April 2015 Kemendagri menyebut ada enam daerah yang belum cukup anggaran untuk melaksanakan Pilkada serentak. Namun, lima daerah di antaranya sudah dalam konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Kelimanya adalah Kabupaten Kaur dan Bengkulu Utara (Bengkulu), Kota Bitung (Sulawesi Utara), Kabupaten Yahukimo dan Supiori (Papua).
KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit


"Kita bedah APBD mereka, kami Kemendagri, kan, punya data," ujar Donny sapaan akrab Reydonnyzar Moenek.


Sampai hari ini, hanya tinggal Halmahera Barat yang masih dalam proses pembahasan dan fasilitasi oleh Kemendagri. Sementara, 11 daerah lain yang kemarin tidak hadir dalam pertemuan, masih terus diupayakan untuk konfirmasi tentang kesiapannya.


“Secepatnya, karena sudah harus ada kesimpulan, sisanya di luar kabupaten-kabupaten itu, akan kami konfirmasikan ulang,” ujarnya.


Kemendagri optimistis sebelas daerah tersebut mampu menggelar Pilkada pada 9 Desember mendatang. Donny beralasan, di atas kertas mereka memiliki kapasitas fiskal memadai sehingga tidak ada alasan menolak Pilkada serentak. 11 daerah itu di antaranya Kutai Timur, Kutai Barat, Kuantan Singingi, Balikpapan, Nunukan, Boven Digul, Memberamo Raya, Yalimo.


Sementara itu, Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Dirjen Keuangan Daerah dan telah mendapatkan update data terbaru. Ujar Husni, sampai dengan hari ini, 60 daerah telah siap menyelenggarakan Pilkada serentak 2015 dan tersisa 8 daerah yang belum terkonfimasi.


"Daerah tersebut, semuanya diharapkan segera bisa membuat pernyataan kesiapan daerah," kata Husni, di KPU, jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa, 21 April 2015.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya