Menteri Agama Jamin Ongkos Haji 2015 di Bawah US$3.000

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum
VIVA.co.id
Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim
- Pemerintah dan DPR akan menggelar rapat untuk pembahasan akhir ongkos haji. Bila sesuai jadwal, besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) akan diputuskan pada Jumat, 24 April 2015 mendatang.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengisyaratkan ada penurunan ongkos naik haji untuk tahun ini. Besarnya akan berada di bawah 3.000 dolar Amerika.

"Alhamdulillah, DPR punya semangat yang sama untuk efisienkan biaya haji. Sepertinya akan ada penurunan dan tidak akan mencapai 3.219 dolar seperti tahun lalu. Tapi akan di bawah 3.000 dolar," katanya kepada VIVA.co.id, Selasa 21 April 2015.

Namun menurut Lukman Hakim, besaran ongkos naik haji ini akan berbeda-beda setiap embarkasi. Ini karena biaya operasional tiap embarkasi memang tidak sama.

"Tapi akan berbeda tiap embarkasi. Seperti Aceh dan Makassar, tentu akan lebih murah bila terbang dari Aceh," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama, Abdul Jamil menambahkan, keputusan besaran ongkos haji akan mempercepat proses persiapan.

"Semoga bisa pekan ini. Kalau cepat maka persiapan kekurangan bisa diatasi" kata Abdul Jamil.

Namun untuk besaran BPIH sendiri, dirinya belum bisa memastikan karena masih dalam perhitungan. Dia mengatakan komponen BPIH dipengaruhi banyak faktor seperti harga-harga yang perlu disesuaikan dengan kondisi sekarang.

"fluktuatif harganya, maka kita analisis" ujarnya.

Tapi dia mengatakan pemerintah berusaha menurunkan besaran BPIH dibanding tahun sebelumnya.

![vivamore="
Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Tiba di Madinah
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya