DPR dan Pemerintah Sepakat Turunkan Ongkos Naik Haji

Sidang paripurna DPR Bahas RUU Pilkada
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Kementerian Agama sepakat akan menurunkan ongkos penyelenggaraan ibadah haji tahun 2015.

Masjidil Haram Belum Rampung, Kuota Haji RI Tetap 168 Ribu

Ongkos haji akan diturunkan dari 3.219 dolar Amerika Serikat pada 2014 menjadi 2.719 dolar Amerika Serikat pada 2015. Jika dihitung berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Rp12.500, ongkos haji tahun ini diperkirakan sebesar Rp33.987.500 atau lebih dari Rp33,9 juta. Angka itu berarti turun hampir Rp6 juta dibanding ongkos haji tahun 2014 yang sebesar Rp38 juta.

Ketua Komisi VIII DPR, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, penurunan ini yang terbesar selama puluhan tahun terakhir. “(penurunannya) paling besar selama beberapa puluh tahun terakhir. (besaran penurunan) tidak begitu berbeda dari angka yang pernah kami sebutkan selama ini,” katanya kepada VIVA.co.id, Rabu, 22 April 2015.

MK: Larangan Berhaji Lebih Sekali Langgar Hak Beragama

Saleh menolak menyebutkan besaran pasti penurunan ongkos haji tahun ini meski DPR dan Kementerian Agama telah bersepakat. Menurut dia, itu adalah kewenangan Kementerian Agama. Menteri Agama dijadwalkan akan mengumumkan besaran penurunan hari ini. “Tunggu saja,” katanya menambahkan.

DPR menjamin penurunan ongkos haji tidak akan mengurangi kualitas pelayanan. Dewan telah mewanti-wanti Kementerian Agama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memperbaiki berbagai kekurangan.

Jemaah Haji Meninggal di Pesawat Saat Pulang ke RI

(mus)

Jemaah haji berbondong-bondong untuk lontar jumroh

90 Ribu Visa Haji Gelombang Pertama Rampung

Gelombang pertama 78.000 jemaah akan diberangkatkan 9-21 Agustus.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016