Pantai Parangtritis Yogya Terancam Jadi Petakan Tambak

Gumuk Pasir Parangtritis
Sumber :
  • Panduanwisatajogja.com
VIVA.co.id
Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia
- Lima tahun lalu, luas cagar alam Gumuk Pasir di Pantai Depok, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, mencapai 15 hektare. Namun, saat ini karena perambahan tambak udang ilegal, Gumuk Pasir menghilang lebih dari 50 persen.

Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

Padahal oleh pemerintah keberadaan Gumuk Pasir dijadikan sebagai penunjang pariwisata. Bahkan Gumuk Pasir merupakan cagar alam yang dilindungi karena hanya ada dua di dunia.
10 Destinasi Wisata Ini Bakal Saingi Bali?


Namun karena ketidaktegasan pemerintah, tambak udang ilegal kini merambah di sepanjang pantai Kabupaten Bantul dan Kulonprogo. Ribuan kolam tambak di lahan itu tidak dilengkapi pengolahan limbah sehingga menimbulkan pencemaran.


"Keberadaan tambak udang jelas menyalahi regulasi dan harus ditertibkan," kata Tustiyani, anggota DPRD  Provinsi DIY dari daerah pemilihan Kabupaten Bantul, DIY, Rabu 22 April 2015.


Politisi PDIP itu juga mengatakan keberadaan Gumuk Pasir sebagai habitat alami dan kekayaan tak ternilai yang harus dilindungi. "Sekarang keberadaannya semakin menyusut dan sangat mengkhawatirkan," ujarnya.


Jika sebelumnya luas Gumuk Pasir sekitar 15 hektare, sekarang hanya tinggal 7 atau 6 hektare.  "Jika dibiarkan keberadaan Gumuk Pasir yang langka ini hilang dan berubah menjadi petak kolam tambak udang ilegal," katanya.


Dardi Nugroho, tokoh masyarakat Pantai Depok menduga ada praktek suap dalam perusakan Gumuk Pasir. "Dulu warga mencari pakan kambing saja dikejar-kejar karena kawasan dilindungi," katanya.


Tapi sekarang, Dardi menganggap pemerintah berpihak terhadap para petambak karena punya duit banyak sehingga dibiarkan merusak dan membabat habis tanaman pelindung abrasi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya