Kompolnas Janji Pelototi Kinerja Budi Gunawan

Komisaris Jenderal Budi Gunawan Dilantik Jadi Wakapolri (kiri)
Sumber :
  • ruang kita-tvOne

VIVA.co.id - Komisaris Jenderal Budi Gunawan diam-diam telah resmi dilantik menjadi Wakil Kepala Polri oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Mabes Polri, Rabu, 22 April 2015.

Mutasi Kapolda Diteken Budi Gunawan, Ini Penjelasan Kapolri

Pelantikan Budi Gunawan sebagai Wakapolri tak seperti pelantikan pejabat Polri pada umumnya. Pelantikan sangat tertutup dan hanya dihadiri kalangan terbatas di lingkungan Polri, termasuk komisioner Kompolnas.

Komisioner Kompolnas, Adrianus Meliala, mengaku akan menerima dan mengawal keputusan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri terkait siapapun yang akan dijadikan Wakapolri.

Kapolri Ganti Tujuh Kapolda di Awal 2016

"Kalau memang pasangan tersebut dianggap tidak sempurna, tidak ideal dan seterusnya, kita akan kawal," ujar Adrianus di Mapolda Metro Jaya.

Kompolnas, lanjut dia, akan menjaga Kapolri dan Wakapolri terpilih untuk kemudian bisa maksimal pekerjaannya.

Komjen Budi Gunawan Bagi-bagi Bingkisan di Car Free Night

Adrianus menegaskan, Kompolnas memiliki kewenangan untuk menjaga kinerja Kapolri dan Wakapolri agar tetap bersinergi. Sehingga tidak akan terjadi 'matahari kembar' seperti yang ditakutkan sejumlah pihak.

Sekalipun kedua pejabat tinggi Polri itu tidak bisa bekerja sama, Kompolnas tetap meminta untuk bisa bekerja sama.

"Kami punya kewenangan untuk meminta mereka untuk bersatu dan seterusnya. Jadi buktikan kepada Kapolri dan Wakapolri yang terpilih kami minta membalik anggapan itu," tegasnya.

Menurut Adrianus, Kompolnas hanya bertugas mengawal kinerja dari kepolisian, dan tidak berhak menentukan siapa yang ditunjuk jadi calon Wakapolri.

"Kami sudah sepakat, kalau memang terpilih BG ya sudah BG saja. Kita akan dukung dia, dengan cara kita akan pelototi kinerjanya. Kita juga akan memberikan rekomendasi kenceng supaya yang bersangkutan bisa
move on-
lah dari masalah sebelumnya," ujar Adrianus.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya