Kabareskrim Bantah Pelantikan Wakapolri Tertutup

Komisaris Jenderal Budi Gunawan Dilantik Jadi Wakapolri
Sumber :
  • ruang kita-tvOne

VIVA.co.id - Kepala Badan dan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso membantah pelantikan Wakapolri Komjen Polisi Budi Gunawan dilakukan secara tertutup. Ia beralasan, pelantikan dilakukan di ruangan yang sangat terbatas.

Kapolri Ganti Tujuh Kapolda di Awal 2016

"Kan, kesan. Faktanya tidak tertutup. Terbatas, bukan tertutup," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 23 April 2015.

Meski begitu, mantan Kapolda Gorontalo itu mengakui pelantikan Wakapolri Budi Gunawan berlangsung singkat. Ia mengatakan, hal itu karena pucuk pimpinan lembaganya masih memiliki banyak agenda yang harus diselesaikan.

Komjen Budi Gunawan Bagi-bagi Bingkisan di Car Free Night

"Pak Kapolri ada kesibukan yang harus segera ditangani," ujarnya berdalih.

Sebelumnya, Komjen Pol Budi Gunawan resmi dilantik menjadi Wakapolri oleh Jendral Polisi Badrodin Haiti pada Rabu siang, 22 April 2015. Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah perwira bintang dua dan tiga kepolisian, serta perwakilan dari Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Indonesian Police Watch (IPW). Pelantikan kemarin terkesan dilakukan diam diam karena tertutup untuk awak media.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Budi Gunawan sebelumnya merupakan calon tunggal Kapolri. Meski ia dinyatakan lulus dalam tahap uji kelayakan dan kepatutan, namun pencalonannya dibatalkan lantaran menyandang status tersangka dari KPK. Namun, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hakim tunggal Sarpin Rizaldi mengabulkan gugatan praperadilan Budi Gunawan.

(mus)

Mutasi Kapolda Diteken Budi Gunawan, Ini Penjelasan Kapolri

Polri merotasi sejumlah pejabatnya, di antaranya 7 kapolda.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2016