Mabes TNI Segera Bangun Monumen Santiago

VIVAnews - Markas besar TNI akan membangun monumen Santiago di Pulau Miangas, Kabupaten Talaud yang berbatasan dengan Pulau Mindanao, Filipina Selatan.

"Ini gagasan Panglima TNI. Sebelum pembangunan lapangan terbang perintis, dibuat monumen terlebih dulu," kata Komandan Korem 131 Santiago Kol Inf Istu Hari Subagio di Manado, seperti yang di kutip dari www.dephan.go.id, Jumat 29 Mei 2009.

Istu mengatakan menurut rencana monumen Santiago akan diresmikan oleh Panglima TNI Jendral TNI Djoko Santoso sebelum pelaksanaan Sail Bunaken, 15 hingga 18 Agustus 2009.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan kontak dengan pembuat patung Jendral Sudirman di Pacitan, pembuat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali dan sejumlah pematung terkenal lain.

"Menurut rencana tinggi patung mencapai tujuh meter dengan biaya Rp3,8 miliar. Untuk pembuatan pondasi monumen saat ini tengah dikerjakan oleh zeni bangunan," kata Istu Hari Subagio.

Istu mengatakan pembangunan monumen tersebut bertujuan mengukuhkan semangat NKRI karena Pulau Miangas merupakan pulau paling utara Sulawesi yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Nama Santiago dipilih karena dia adalah raja yang berkuasa di Kerajaan Manganito, Kabupaten Sangir Besar pada 1670 hingga 1675. Dia merupakan raja ketiga yang menentang VOC. Bagi masyarakat setempat, Santiago dianggap sebagai pahlawan.

Gubernur Sulawesi Utara Sinyo H Sarundajang meminta pembangunan monumen agar lebih diarahkan ke darat agar tidak tergerus oleh air.

Miangas adalah pulau terluar Indonesia. Pulau ini termasuk ke dalam Desa Miangas, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Miangas adalah salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Nanusa yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia sehingga rawan menjadi sengketa perbatasan, terorisme serta penyelundupan. Pulau ini memiliki luas sekitar 3,15 kilometer persegi.

Jarak Pulau Miangas dengan Kecamatan Nanusa sekitar 145 mil, sedangkan jarak ke Filipina hanya 48 mil. Pulau Miangas memiliki jumlah penduduk 678 jiwa (2003) yang sebagian besar merupakan Suku Talaud.

Cincin di Jari Manis Han So Hee Jadi Bukti Cinta? Kembali ke Korea Usai Kencan dengan Ryu Jun Yeol
Ilustrasi menabung.

Tabungan Bisa Terkikis Inflasi, Ini Bisa Jadi Salah Satu Opsi Simpanan

Tabungan dinilai bisa terkikis akibat inflasi kenaikan biaya hidup dan laju inflasi yang diprediksi bisa tinggi.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024