VIDEO: Megawati di Barisan Depan Saat Napak Tilas KAA

Delegasi Peserta KAA Ramaikan Historical Walk 2015
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo bersama para pemimpin dan delegasi negara Asia Afrika melakukan napak tilas atau historical walk dalam peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Jumat 24 April 2015.

Ini Jalur yang Akan Ditutup Besok

Namun ada yang menarik dari kegiatan yang dimulai dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka, Bandung, tersebut.

Di antara para pemimpin negara yang turut dalam napak tilas, terlihat Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Megawati berjalan bersama putrinya yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kabinet Kerja, Puan Maharani.



Di samping Megawati adalah Presiden Tiongkok, Xi Jinping beserta istri, Peng Liyuan. Kemudian Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, serta PM Malaysia Najib Tun Razak dan istri lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah.

Napak tilas dilakukan untuk mengenang penyelenggaraan KAA pada 18-24 April 1955 silam di Gedung Merdeka, Bandung. Ketika itu, 29 negara dari kawasan Asia Afrika hadir dalam forum tersebut.

KAA digagas oleh Presiden Indonesia pertama, Soekarno. Alasan yang mendasarinya adalah kondisi dunia yang saat itu didominasi oleh blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet.

Siapa Penulis Pidato Jokowi, Publik Diminta Tak Ribut

Negara-negara di Asia Afrika yang baru meredeka perlu menggalang persatuan agar tidak terseret arus perang dingin antara AS dan Uni Soviet. Melalui forum itu akhirnya tercetus gerakan Non Blok. (ase)

Ribuan Payung Hiasi Jalan Otista Bandung

KAA Usai, Bandung Masih Euforia

Para warga bersama keluarga berfoto di sekitar Gedung Merdeka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2015