Ongkos Naik Haji Turun, Ini Harapan Menteri Agama

Tiba di Tanah Air, Rombongan Jamaah Haji Sujud Syukur
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan, Ongkos Naik Haji (ONH) tahun ini turun.

90 Ribu Visa Haji Gelombang Pertama Rampung

Biaya haji yang semula US$3.219, pada 2015 turun menjadi US$2.717. Namun, penurunan ONH itu belum bisa dinikmati lantaran nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar Amerika.

"ONH sebenarnya sudah turun, sekitar 500 dolar Amerika," kata Lukman usai meresmikan bangunan baru di masjid Jami Kota Malang, Jumat, 24 April 2015.

Masjidil Haram Belum Rampung, Kuota Haji RI Tetap 168 Ribu

ONH turun setelah dilakukan usaha penghematan di berbagai lini. Terutama biaya penerbangan dari Tanah Air ke Arab Saudi. Biaya penerbangan turun karena harga minyak dunia sedang turun. Namun, nilai rupiah yang melemah juga menjadi salah satu faktor penurunan ONH tak signifikan.

"Semoga rupiah segera menguat. Sehingga calon jamaah haji saat melunasi ONH semakin murah," ujarnya menambahkan.

MK: Larangan Berhaji Lebih Sekali Langgar Hak Beragama

Setelah keputusan dan ketetapan ONH turun bakal diteruskan dengan diterbitkan keputusan Presiden mengenai ONH. Sehingga calon jamaah haji memiliki waktu yang longgar untuk melunasi ongkos naik haji.

Sebelumnya, Anggota Panitia Kerja Haji Komisi Agama DPR, A. Fikri Faqih mengklaim, penghematan biaya haji bisa menghemat anggaran sekitar US$77,9 juta atau setara dengan Rp973 miliar dengan kurs rupiah 12.500 per dolar AS. 

Ia mengatakan, salah satu poin yang didapatkan dari hasil kerja Panja tersebut cukup fenomenal, yakni mampu menyelamatkan uang calon jamaah haji senilai Rp973 miliar.

(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya