Banjir di Jateng Meluas, 10 Desa Terendam Air Dua Meter

Banjir di Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
VIVA.co.id
Kota Padang Dilanda Banjir, Warga Diminta Evakuasi Sendiri
- Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, sejak Kamis (24/4/2015) lalu hingga kini terus meluas. Penanganan darurat juga masih dilakukan hingga saat ini.

Kali Meluap, Perumahan di Depok Tergenang

Banjir ini diakibatkan hujan deras selama empat jam di wilayah Klaten bagian utara dan timur, yang mengakibatkan terjadinya luapan dan jebolnya Sungai Bloro yang merupakan anak Sungai Dengkeng, Jumat pukul 21.00 WIB.
Wali Kota Jakarta Timur Klaim Genangan Air Berkurang


"Akibatnya banjir ini, setidaknya 10 desa dari tiga Kecamatan, yakni Juwiring dan Karangdowo, serta Pedan, mengalami banjir dengan ketinggian hingga dua meter," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Jumat, 24 April 2015.


Menurutnya, warga yang mengalami banjir saat ini sudah dikondisikan oleh petugas BPBD, relawan, SAR, TNI dan Polri. "Warga sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman," lanjutnya.


Lebih lanjut, Sutopo mengatakan, salah satu fasilitas umum, sekolah Madrasah Ibtidaiyah sempat terendam. Relawan dan warga juga disebutkan sudah memindahkan buku-buku serta peralatan elektronik ke tempat lebih aman.


Banjir juga menyebabkan ratusan hektare tanaman padi berusia satu bulan terendam, dan melumpuhkan jalan Kabupaten Klaten ke Sukoharjo dan Wonogiri. "Sampai saat ini, belum ada laporan korban jiwa. Pendataan juga masih dilakukan," tutur Sutopo.


Selain ke tempat pengungsian, para warga saat ini dilaporkan mengungsi ke tempat saudara dan tetangga yang lebih aman.


Hingga Sabtu 25 Apriln2015 pukul 00.30 WIB, Ketua BPBD Klaten Sri Winoto masih menyisir desa-desa yang terendam banjir. Unsur-unsur yang dilibatkan dalam penanganan banjir ini juga meliputi TNI, Polri, SAR, jajaran relawan Klaten Timur Semut Geni, Banser NU, PMI, BPBD Jawa Tengah, dan BPBD terdekat seperti BPBD Boyolali, BPBD Magelang, BPBD Sukoharjo, BPBD Karanganyar.


"Tim gabungan ini menyiapkan personel dan logistik peralatan untuk membantu penanganan darurat," kata Sutopo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya