Terpidana Mati Raheem Minta Dimakamkan di Madiun

Persiapan lubang makam Raheem di Madiun, Senin (27/4/2015)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adib Ahsani
VIVA.co.id
Menko Luhut Minta Soal Eksekusi Mati Tak Perlu Diumbar
- Raheem Agbaje Salami, terpidana mati asal Nigeria yang akan dieksekusi pemerintah Indonesia telah menulis surat wasiat terakhirnya. Dalam suratnya itu, Raheem meminta dia dimakamkan di Madiun.

Fokus Pembangunan, Eksekusi Mati Tahap Ketiga Ditunda

Kepala Bidang Pemakaman Taman dan Penerangan Jalan Umum Pemerintah Kota Madiun, Hari Djoko Widodo, mengatakan pemda telah menyiapkan dua lubang makam khusus untuk Raheem.
Jaksa Agung Belum Pikirkan Eksekusi Tahap 3


Satu lubang makam disiapkan di areal makam muslim dan satunya lagi di areal makam agama Kristen. “Namun akhirnya, pihak Kejaksaan Kota Madiun meminta dimakamkan di makam Kristen, karena Raheem beragama Katolik,” kata Hari saat melihat persiapan bakal makam Raheem di TPU Pace Keras Kota Madiun, Senin 27 April 2015.


Dua lubang makam ini sudah digali sejak 11 Maret. “Hari ini saya melihat persiapan, dan lubang makam kita gali 10 cm lebih dalam, menjadi 180 cm. Makam ini siap, kapan saja diperlukan, termasuk tenda jika seandainya saat pemakaman turun hujan, lampu juga disipakan jika pemakaman pada malam hari,” katanya.


Makam ini digali dengan kedalaman 180 cm, panjang 220 cm, dan lebar 105 cm. “Ini sengaja kita buat lebih lebar dan lebih panjang dari makam pada umumnya, mengingat kita belum diberi tahu secara rinci ukuran peti mati yang akan digunakan,” ujar Hari.


Saat pemakaman nanti, pihak DKP telah menyiapkan tenaga penggali 12 orang. Menurut Hari, ini untuk mepercepat proses pemakaman. “Sebanyak 9 lampu penerangan dan tenda ukuran 6x6 meter, sudah kami siapkan,” katanya, melanjutkan.


Pengecekan kondisi lokasi pemakaman Raheem ini atas permintaan Kejaksaan Negeri Kota Madiun, agar jika setiap saat jenazah datang bisa langsung dimakamkan.


TPU Pace Keras Kota Madiun berada di Jalan Makam Tentara, Madiun. TPU ini seluas 14.300 m2, dengan dibagi lima blok, yaitu blok Islam, blok Kristen, blok Buddha, blok Mr X, dan blok agama lain. Bakal makam Raheem menempati blok Kristen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya