Serat Centhini, Gaya Persetubuhan Jawa Kuno

Relief siksa neraka di Candi Jago
Sumber :
  • VIVAnews/D.A. Pitaloka
VIVA.co.id
Kisah Pelukis Arwah Si Manis Jembatan Ancol
- Otto Sukatno CR dalam bukunya
Seks Para Pangeran: Tradisi dan Ritualisasi Hedonisme Jawa
Cerita Bung Karno Jadi Model Patung Bundaran HI
(Bentang, 2002) menjelaskan bahwa dalam Centhini II (Pupuh Asmaradana) diuraikan dengan gamblang soal “ulah asmara” yang berhubungan dengan lokasi genital yang sensitif dalam kaitannya dengan permainan seks. Misalnya, cara membuka atau mempercepat orgasme bagi perempuan, serta mencegah atau mempercepat agar lelaki tidak cepat ejakulasi.
Pria Ini Sampaikan Kemerdekaan Indonesia ke Dunia

Lalu dalam
Centhini IV (Pupuh Balabak)
diuraikan secara blak-blakan bagaimana
pratingkahing cumbana
(gaya persetubuhan) serta sifat-sifat perempuan dan bagaimana cara membangkitkan nafsu asmaranya.


Terungkap juga ternyata perempuan tidak selamanya bersikap lugu, pasif dalam masalah seks sebagaimana stereotipe pandangan Jawa yang selama ini kita terima. Mereka juga memiliki kebebasan yang sama dalam mengungkapkan pengalaman seksualnya. Padahal mereka selalu digambarkan pasrah, nrima kepada lelaki.


Hal itu tampak dalam
Centhini V (Dhandhanggula).
Di ruang belakang di rumah pengantin perempuan pada malam menjelang hari H perkawinan antara Syekh Amongraga dan Nike Tembangraras, para perempuan tua-muda sedang duduk-duduk sambil ngobrol. Ada yang membicarakan pengalamannya dinikahi lelaki berkali-kali, pengalaman malam pertama, serta masalah-masalah seksual lainnya yang membuat mereka tertawa cekikikan.


Salah satu percakapan itu misalnya seperti ini, “Nyai Tengah menjawab sambil bertanya, ‘Benar dugaanku, Ni Daya, dia memang sangat kesulitan, napasnya tersengal. Saya batuk saja, eh lepas… Mak bul mudah sekali lepasnya. Tak pernah kukuh di tempatnya. Susahnya sangat terasa, karena meski besar seakan mati.' Disambut dengan tawa cekikikan.”


Ritualisasi seksual juga diungkapkan dalam
Serat Centhini
, termasuk soal tata krama dalam melakukan hubungan seksual antarsuami-istri. Dalam berhubungan, misalnya, harus empan papan. Maksudnya, mengetahui situasi, tempat, dan keadaan, tidak tergesa-gesa, dan juga merupakan keinginan bersama.


Selain mendasarkan diri pada tata krama menurut budaya Jawa, tata krama ini juga mendasarkan diri pada hadis Nabi Muhammad SAW. Misalnya, sebelum melakukan hubungan seksual, seyogianya mandi terlebih dahulu. Setelah itu berdandan dan memakai wewangian. Sebelum mulai, berdoa lebih dahulu dengan mengucapkan syahadat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya