Sinabung Erupsi, 14 Rumah Terpapar Awan Panas

Warga menyaksikan letusan Gunung Sinabung
Sumber :
  • REUTERS/Y.T Haryono

VIVA.co.id - Belasan rumah hangus terbakar akibat terpapar awan panas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Guguran awan itu sudah terjadi sejak Selasa 28 April 2015 hingga Rabu 29 April 2015 dini hari.

Sudah Setahun Gunung Sinabung Terus Meletus

Tercatat, sebanyak 14 rumah menjadi korban. Seluruhnya berada di Desa Guru Kinayan, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo yang berjarak sekitar lima kilometer dari puncak Sinabung.

Lokasi ini memang telah dikosongkan karena masih dalam zona bahaya erupsi Gunung Sinabung. "Warga yang tahu hanya melihat karena tidak berani memasuki areal itu," kata Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Susanto, Rabu, 29 April 2015.

Sinabung Semburkan Awan Panas 3,5 Km

Menurut dia, saat ini api yang membakar rumah warga terlihat padam dengan sendirinya. Untuk diketahui, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo sudah memasuki status Siaga atau Level III.

Dalam sehari, Sinabung sudah terjadi erupsi sebanyak 10 kali. Data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), semburan awan panas sudah terjadi sejak Selasa 28 April 2015 pada pukul 17.02 WIB hingga pukul 18.20 WIB. Jarak luncur awan panas diketahui mencapai 4,5 kilometer dan menuju ke arah selatan dengan tinggi kolom abu vulkanik hingga 2 kilometer.

Gunung Sinabung Meletus Lagi

(mus)

Kondisi perkampungan warga pasca erupsi gunung Sinabung pada Juni 2015.

Setahun Sinabung Meletus, BNPB Sudah Kucurkan Rp356,5 Miliar

Masyarakat jangan sampai kekurangan akibat bencana.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016