Pendaftaran SBMPTN Dimulai 11 Mei Hingga 29 Mei 2015

Ilustrasi/Peserta SBMPTN
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Puan Maharani: Tata Ulang Orientasi Pendidikan Tinggi
- Pendaftaran ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini akan dibuka pada 11 Mei hingga 29 Mei 2015. Pendaftaran akan dilakukan secara daring atau
online
Kuliah Gratis, Sumsel Siapkan Anggaran Rp50 Miliar
dibuka pada pukul 08.00 pada 11 Mei dan ditutup pada pukul 22.00 pada 29 Mei 2015.
10 Kampus Impian Mahasiswa Dunia

Dikutip dari laman resmi
https://sbmptn.or.id,
ujian tertulis kali ini dapat diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah, SMA, MA, SMK sederajat termasuk paket C dengan tahun lulus dari tahun 2013, 2014 hingga 2015. Sebanyak 98 Perguruan Tinggi Negeri akan memberikan pilihan program studi yang bisa dipilih oleh para peserta.


Persyaratan pendaftaran, bagi siswa lulusan tahun 2013 dan 2014, harus dibuktikan dengan kepemilikan ijazah. Sementara bagi siswa tahun 2015, harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru dan dibubuhi cap yang sah.


Nantinya, seluruh pendaftar akan mengikuti ujian tertulis yang terdiri dari Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi yang terdiri dari mata uji Matematika, Bilogi, Kimia dan Fisika, dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora yang terdiri dari mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.


Terkhusus ujian keterampilan, ujian akan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan. Ujian keterampilan bidang ilmu seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni terkait. Ujian keterampilan bidang ilmu keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga.


Tahun ini, peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, maka salah satu pilihan program studinya harus di Perguruan Tinggi Negeri yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian.


Masing-masing peserta diwajibkan membayar biaya seleksi ujian tertulis dan keterampilan sebesar Rp100 ribu dan dibayarkan melalui bank yang telah ditunjuk.


Jadwal ujian tertulis, akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada Selasa 9 Juni 2015, sedangkan ujian keterampilan akan sehari sesudah ujian tertulis pada tanggal 10 dan 11 Juni 2015. Sedangkan hasil ujian akan diumumkan pada Kamis 9 Juli 2015 pada pukul 17.00 WIB dan bisa diakses langsung di laman
http://www.sbmptn.or.id
.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya