Ini Jadwal Keberangkatan Haji 2015

Jemaah haji di Tanah Suci
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum
VIVA.co.id
Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim
- Setelah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini sebesar US$2.717, Kementerian Agama secara resmi menujuk dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines untuk transportasi udara haji tahun ini.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki

Sementara itu, untuk jadwal, sesuai dengan Rencana Perjalanan Haji tahun 1436 H/2015 M, Kelompok Terbang pertama akan diberangkatkan secara nasional secara bergelombang pada 21 Agustus 2015 hingga 3 September 2015 menuju Madinah. Selanjutnya, pada 4 September 2015 hingga 17 September 2015 tujuan Jeddah.
Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Tiba di Madinah


Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI No. 85 Tahun 2015 telah menetapkan PT Garuda Indonesia Tbk akan mengangkut jemaah haji asal embarkasi Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. Dengan asumsi jemaah yang diangkut sebanyak 83.175 orang atau 53 persen.


Untuk Saudi Arabian Airlines akan mengangkut jemaah haji asal embarkasi Batam, Palembang, Jakarta (khusus Jawa Barat), dan Surabaya. Dengan asumsi jemaah yang diangkut sebanyak 73.900 orang atau 47 persen.


Terkait situasi Yaman yang masih dalam keadaan perang, untuk rute penerbangan, Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo, menyebut, ada sedikit perubahan tahun ini.


Pesawat dari Tanah Air tidak akan melewati langit Yaman, tapi memutar ke Oman sebelum mendarat di Jeddah ataupun Madinah. Sementara itu, pesawat Saudi Arabian Airlines akan melewati Dubai.


"Itu demi keselamatan dan keamanan semua," kata Arif saat penandatanganan perjanjian "Pengangkutan Jemaah Haji Indonesia" di Gedung Kemenag, Jakarta, Selasa 12 Mei 2015. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya